by

100 Peserta Ikuti Webinar Daring Bersama Kominfo dan Komisi I DPR-RI

-Nasional-96 views

100 Peserta Ikuti Webinar Daring Bersama Kominfo dan Komisi I DPR-RI

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA- Sebanyak 100 peserta dari berbagai unsur masyarakat Kota Langsa seperti, LSM, Ormas, Akademisi,OKP, Mahasiswa, ASN dan Tokoh Masyarakat mengikuti Webinar daring yang dilaksanakan oleh Kementerian komunikasi dan Informasi serta Komisi I DPR-RI, Senin (7/9/2020)

Selain Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Luar Negeri. Komisi I DPR-RI juga membidangi Komunikasi dan Informasi.

Kegiatan Webinar Daring itu menghadirkan pemateri yaitu Anggota Komisi I DPR-RI, Ilham Pangestu dan Aris Kurniawan dari Kominfo

Jalannya Webinar secara online tersebut berlangsung lancar dan diakhiri dengan seson tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Sebelumnya, Anggota Komisi I fraksi Golkar DPR-RI, Ilham Pangestu menyampaikan, menurutnya ditengah pandemi Covid-19, tingkat penggunaan internet di Indonesia tergolong tinggi.

Beranjak dari kondisi itu Ia berharap penggunaan internet ditengah masyarakat juga berdampak terhadap pencegahanĀ  covid 19.

Ia tidak menampik kondisi Pandemi Covid 19 yang mewabah di seluruh wilayah Indonesia bahkan juga melanda sejumlah negara dibelahan dunia ini berdampak terhadap kelangsungan berbagai sektor.

Dirinya berharap dengan tekhnologi informasi, pemerintah dapat mendeteksi penyebaran dan korban covid-19.

Dalam kegiatan yang mengusung thema “Pemanfaatan Internet Sebagai Media Penyebaran Informasi Dalam Upaya Melindungi Diri Dari Bencana Covid-19” tersebut. Politisi muda partai Golkar ini juga mengatakan dukungan dan peran serta dari masyarakat sangat menentukan terhadap upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sinergitas Pemerintah dan masyarakat sangat menentukan dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19” pungkas Ilham Pangestu.

Sementara itu Aris Kurniawan dari Kominfo menyampaikan dan berharap masyarakat untuk lebih cerdas terutama menyaring berbagai informasi yang beredar di medsos.

Diterangkannya, Kominfo melalui Siber Croon telah menemukan lebih kurang 474 isu hoax diberbagai platform digital.

Menurut Aris, dari data kumulatif yang terkumpul sejak bulan April 2020 hingga saat ini terdapat sebanyak 1.125 sebaran hoaxs dan tersebar diberbagai platform medsos.

Seperti Facebook sebanyak 785 kasus, instagram 10 kasus, twiter 324 kasus dan youtube 6 kasus, paparnya.

Ketua panitia pelaksana Webinar, Halid,ST pada LANGSASATU.COM mengatakan, kegiatan Webinar bersama anggota Komisi I DPR-RI dan Kominfo ini diikuti oleh 100 orang peserta dari berbagai unsur.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada peserta dan pemateri Webinar secara virtual daring dari sejak awal hingga akhir kegiatan.

Pihaknya juga kepada peserta, untuk dapat memetik berbagai informasi dan pengetahuan yang disampaikan oleh pemateri, serta dapatĀ  menjadikannya sebagai pedoman khususnya dalam bermedsos

“Kita semua pastinya berharap, daiam bermedsos tidak menjadi bagian dari penyebaran berita hoaks yang berujung kepada pelanggaran UU ITE serta dapat terjerat kasus pidana” tutup Halid yang juga merupakan Ketua Sahabat Ilham Pangestu (SIP) ini. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita