by

Covid-19 “Teror” Dunia Pendidikan, Kadisdikbud Kota Langsa : Proses Belajar Mengajar Harus Tetap Berjalan

-Langsa-256 views

Covid-19 “Teror” Dunia Pendidikan, Kadisdikbud Kota Langsa : Proses Belajar Mengajar Harus Tetap Berjalan

Laporan: Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Pandemi Covid-19 telah meluluhlantakan berbagai sendi tatanan sosial masyarakat di negeri ini. Imbas dari wabah virus asal Wuhan, China itu juga menyentuh langsung sektor dunia pendidikan.

Hampir seluruh sekolah dari berbagai jenjang di republik ini, termasuk Pemerintah Kota Langsa, Provinsi Aceh terkena imbas dari Pandemi Covid -19.

Namun, demi kelangsungan pendidikan terutama bagi generasi penerus bangsa berbagai kiat terus dilakukan oleh Pemerintah salahsatu diantaranya aktifitas belajar mengajar dilakukan melalui media daring.

Selain itu, mematuhi anjuran pemerintah yakni penerapan protokol kesehatan menjadi acuan penting bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa disetiap kegiatan, termasuk aktivitas pendidikan yang saat ini terus dilaksanakan.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Dra. Suhartini, M.Pd, pada Langsa satu.com, Senin, (10/8/2020) diruang kerjanya.

Lakukan Koordinasi

Ditengah suasana Pandemi Covid-19, kita (red-Disdikbud Kota Langsa) terus melakukan koordinasi dengan seluruh para Kepala Sekolah, baik itu tingkat Sekolah Dasar maupun Menengah Pertama.

Hal itu dilakukan semata demi kelangsungan dan kelancaran proses belajar mengajar bagi anak didik. Selain itu juga pihaknya dapat mengetahui tentang kendala dilapangan dan solusi penyelesaiannya.

“Proses belajar mengajar bagi anak didik mesti berjalan dan dilakukan dengan cara daring atau online” tutur Suhartini.

Sesuai Juklak

Orang nomor satu di Dinas Pendidikan Kota Langsa ini mengatakan, selaku instansi teknis, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menjalankan tugas sesuai dengan mekanisme yang baku, dan Kepala Dinas melaksanakannya sesuai juklak yang telah ditetapkan.

“Ini perlu dipahami, semua kebijakan dilakukan dan dilaksanakan sesuai juklak yang berlaku,” tuturnya.

Patuhi Anjuran Pemerintah

Diterangkan oleh Suhartini, saat ini kegiatan proses belajar mengajar di Pemerintahan Kota Langsa dilaksanakan mematuhi anjuran pemerintah yaitu melalui media daring. Dirinya berharap pandemi covid 19 ini segera berlalu.

“Kita berharap dan terus berdoa, semoga covid-19 ini segera berlalu, agar dunia pendidikan kembali bergeliat dan proses belajar mengajar kembali sebagaimana mestinya,” kata wanita akrab disapa Bu Titin ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Cut Herlina, salah seorang tenaga pendidik (guru) di Kota Langsa.

Ditengah kondisi Pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar bagi anak didik dilaksanakan sesuai arahan dan anjuran pemerintah yaitu dengan sistim online.

Langkah ini dilakukan menurut Herlina, semata guna menghindari penyebaran Covid-19, dan guru dituntut untuk mengajar dengan sistim online.

Pun demikian, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Disdikbud Kota Langsa.

“Alhamdulillah, Bu kadis terus memberi semangat dan motivasi bagi kami para guru, dimana beliau tegas berpesan kelangsungan pendidikan bagi anak didik merupakan hal utama dan harus berjalan meskipun secara daring atau online” pungkasnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita