by

36 Ribu Personel Brimob Bakal Ditempatkan di 3 Wilayah Tugas Baru

36 Ribu Personel Brimob Bakal Ditempatkan di 3 Wilayah Tugas Baru

LANGSASATU.COM, JAKARTA- Sebanyak 36 ribu personel Korp Brigade Mobil (Brimob) rencananya akan ditugaskan di tiga satuan kerja (satker) wilayah baru yang disebut sebagai Pasukan Brimob 1, 2, dan 3.

Dilansir laman CNN Indonesia, Kabagren Korps Brimob Polri Kombes Rudy Harianto pada wartawan, Senin (13/6) mengatakan, pemenuhan personel akan dilakukan secara bertahap hingga 2045. Masing-masing PASBM (pasukan Brimob) empat resimen.

Satuan tersebut akan mengemban tugas pembinaan dan pengerahan kekuatan dan memberikan bantuan taktis operasional ke wilayah masing-masing.

Satu resimen diisi oleh sekitar 3 ribu pasukan, dipimpin oleh seorang perwira tinggi (Pati) berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen)

Dirincikan, Pas Brimob 1 nantinya akan berkedudukan di bagian Barat Indonesia, tepatnya di Langsa, Aceh Timur. Dimana pasukan itu mencakup penugasan di wilayah Pulau Sumatera.

Kemudian, Pas Brimob 2 bertugas di wilayah bagian tengah dan berkedudukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penugasan mereka akan mencakup wilayah Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sulawesi.

Sedangkan Pas Brimob 3 akan bertugas di wilayah Timur dan berkedudukan di Distrik Mimika, Papua.

Pasukan ini nantinya mencakup wilayah Maluku dan Papua. Dan dipimpin oleh Danpas Brimob dengan pangkat Brigjen.

“Sebagai pejabat pelaksana utama yang berada di bawah Dankorbrimob Polri, memiliki tugas koordinasi dan kerja sama dengan satuan kewilayahan kepolisian daerah dan instansi terkait, dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi untuk keberhasilan tugas,” pungkasnya (CNN Indonesia)

Fhoto : ilustrasi pasukan Brimob

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita