by

5.811 Dapur Rumah Warga Kota Langsa Akan Nikmati Pemasangan Jaringan Pipa Gas Gratis

-Langsa-82 views

LANGSASATU.COM, LANGSA : Sebanyak 5.811 dapur rumah warga Kota Langsa tersebar di 3 (Tiga) Kecamatan, akan menikmati pemasangan jaringan pipa gas secara gratis, Selasa (9/6/2020)

Dilapangan, saat ini sejumlah pekerja sedang melakukan pengerjaan penggalian tanah yaitu pemasangan jaringan jalur pipa bawah tanah, menyuplai aliran gas ke setiap dapur rumah milik warga.

Hal itu dikatakan Kabag Perekonomian, Energi dan Sumber Daya Mineral Sekretariat Pemko Langsa, Raja Angkasah,SH melalui Kasubbag Energi dan Sumber Daya Mineral pada ACEHSATU.COM diruang kerjanya.

“Tahap awal, jaringan pipa suplay gas itu mencakupi 14 Gampong di Tiga Kecamatan dalam Wilayah Pemko Langsa yaitu Kecamatan Langsa Kota, Langsa Lama dan Langsa Baro” kata Ridwan.

Untuk Kecamatan Langsa Kota sebanyak 9 (Sembilan) Gampong yang akan menikmati suplay gas yaitu Gampong Jawa, Gampong Mutia, Gampong Blang, Gampong Teungoh, Gampong PB.Blang Pase, Gampong Daulat, Gampong Blang Seunibong, Gampong Alue Beurawe serta Gampong Tualang Teungoh

Kecamatan Langsa Lama sebanyak 3 (Tiga) Gampong yaitu, Gampong Baro, Baroh Langsa Lama dan Gampong Sidorejo.

Sementara itu Kecamatan Langsa Baro 2 (Dua) Gampong kata Ridwan meliputi Gampong Geudubang Aceh dan Gampong Lengkong.

Hulu jaringan pipa suplay gas berada di Dsn Alue Saboh Gampong Geudubang Aceh Kecamatan Langsa Baro.

“Dari sini suplay gas melalui pipa di alirkan ke setiap dapur rumah warga” papar Ridwan

Ia juga menyampaikan, sebelumnya Pemko Langsa telah melayangkan surat ke Kementrian Energi Sumber Daya Mineral di Jakarta tentang permintaan jumlah kuota sambungan rumah yaitu sebanyak 16.000 rumah.

“Yang disetujui sebanyak 5.811 sambungan rumah, pun demikian Pemko Langsa terus berupaya semaksimal mungkin agar kuota tersebut dapat bertambah, Insya Allah diiringi doa dan dukungan dari warga Kota Langsa,hal ini akan terwujud” ujarnya.

Pemasangan jaringan pipa gas ke dapur rumah warga oleh rekanan pengerjaan PT. Adhi Karya kata Ridwan akan dilakukan sampai hidup atau berfungsi.

Dimana pemasangan tersebut gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

“Selain itu warga juga akan mendapatkan kompor gas secara gratis” ujarnya.

Adapun sumber dana pembiayaan pengerjaan proyek strategis nasional ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di Kementrian Energi Sumber Daya Mineral.

Terkait program ini, Pemko Langsa juga telah menandatangani MoU bersama Kementrian Energi Sumber Daya Mineral, dimana Pemko Langsa mendukung terhadap pengerjaannya.

Untuk kelancaran program mulia ini, Pemko Langsa berharap dukungan dari segenap lapisan masyarakat Kota Langsa karena semua ini dilaksanakan semata demi kepentingan masyarakat banyak.

“Insya Allah, warga nanti tidak lagi ribet akan kebutuhan gas, cukup memutar tombol kompor gas langsung menyala,” pungkasnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita