by

50 Peserta Ramaikan Festival Geulayang Tunang Rebut Trophy Ketua Bapera Kota Langsa

-Langsa-59 views

50 Peserta Ramaikan Festival Geulayang Tunang Rebut Trophy Ketua Bapera Kota Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Sebanyak 50 peserta dari berbagai Gampong dalam wilayah Pemerintahan Kota Langsa, Aceh ramaikan Festival Geulayang Tunang memperebutkan Trophy Ketua DPD II Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kota Langsa.

Perlombaan Geulayang Tunang merupakan tradisi main layang yang digemari oleh berbagai lintas usia itu berlangsung di lokasi tanah timbun, jalan menuju arah pelabuhan Kuala Langsa, Gampong Sungai Pauh Kecamatan Langsa Barat.

Dalam sambutannya, membuka acara Festival Geulayang Tunang, Ketua DPD II Bapera Kota Langsa, Saifullah,SE menyampaikan salam hangat dari anggota DPR-RI fraksi Golkar asal Aceh, Ilham Pangestu.

“Dikesempatan berbahagia ini, Bapak Ilham Pangestu turut menyampaikan salam kepada seluruh peserta festival Geulayang Tunang, semoga kita semua diberikan kesehatan serta selalu dalam lindungan dan RahmatNya” kata Saifullah.

Menurut Saifullah, Geulayang Tunang merupakan salahsatu simbol kekompakan masyarakat Aceh. Dan permainan tradisional rakyat ini sering digelar pasca panen padi di sawah.

“Permainan layang Tunang ini selalu di mainkan oleh masyarakat Aceh, usai musim panen dan ini telah ada sejak zaman dahulu” ujarnya

Saifullah yang juga Wakil Ketua DPRK Langsa ini menambahkan, permainan tradisional Geulayang Tunang merupakan salahsatu warisan yang harus dan terus dijaga.

“Oleh karena itu, DPD II BAPERA Langsa akan menjadikan kegiatan festival Geulayang Tunang ini menjadi agenda rutin tahunan, hal ini dilakukan agar tidak hilang ditelan waktu” ujarnya

Dampak positif lainnya dari tradisi permainan Geulayang Tunang juga menjadi ajang untuk membentuk jiwa sportifitas dan kebersamaan.

Kepada peserta, diakhir sambutannya, politisi muda partai Politik berlambang Pohon Beringin ini menyampaikan ucapan selamat berlomba serta tetap menjunjung tinggi sportifitas, pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia pelaksana kegiatan Fachrulrazi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan mematuhi Prokes Covid-19.

Kegiatan Festival Geulayang Tunang berlangsung selama 2 (Dua) hari berturut yaitu 29 s.d 30 Mai 2021. Dan diikuti sebanyak 50 peserta dari berbagai Gampong dalam wilayah Pemko Langsa. Selain memperebutkan Trophy bergilir Ketua DPD II Bapera Kota Langsa, pemenang juga menerima uang pembinaan, imbuhnya(*)

Fhoto : Detik Travel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita