by

AJI dan PPWI Kota Langsa Kutuk Keras Pembunuhan Wartawan di Sumut

-Langsa-66 views

AJI dan PPWI Kota Langsa Kutuk Keras Pembunuhan Wartawan di Sumut

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Jurnalis tergabung dalam organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Persatuan Pewarta Indonesia (PPWI) Kota Langsa, Aceh, mengutuk keras aksi pembunuhan terhadap salahsatu wartawan media lokal di Sumatera Utara (Sumut), Mara Salem Harahap alias Marsal yang ditemukan tewas dengan kondisi luka tembak

Pihak kepolisian dalam hal ini Polda Sumatera Utara diminta untuk dapat mengusut tuntas kasus kekerasan dan menyebabkan kehilangan nyawa orang lain tersebut.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Langsa, Mustafa Rani, Minggu (20/6/2021) di ruang kerjanya, Kantor Sekretariat AJI Pemko setempat menyampaikan, pihaknya mengecam dan mengutuk keras aksi pembunuhan terhadap jurnalis.

Menurutnya, apapun alasan yang melatarinya, kekerasan dan aksi main hakim sendiri tidak dapat dibenarkan, karena Indonesia adalah negara yang berdasarkan hukum.

“Pihak kepolisian setempat diharapkan dapat mengungkap kasus ini secara tuntas” ujarnya

Pihaknya juga menyampaikan sikap keprihatinan, berbagai tindakan kekerasan serta ketidakpastian hukum dalam kasus kekerasan terhadap jurnalis. Dan menjadi preseden buruk yang merugikan dunia pers, karena tidak memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan.

Menurutnya, kondisi ini juga diduga menjadi penyebab semakin tingginya jumlah dan kualitas kekerasan terhadap jurnalis.

Dikesempatan itu, pihaknya meminta semua elemen masyarakat agar mendukung kebebasan pers dan menggunakan mekanisme yang diatur oleh Undang-Undang Pers dalam penyelesaian sengketa pers.

Selain itu, Ia berharap jurnalis mengedepankan profesionalisme dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan kerja jurnalistik, imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Persatuan Pewarta Indonesia (PPWI) Kota Langsa, Sayed Zahirsyah,SE mengatakan, Kematian salahsatu wartawan Sumatera Utara (Sumut), Marah Salem Harahap alias Marshal menambah deretan panjang peristiwa duka bagi kalangan pers di tanah air.

“Apapun alasannya, tindakan pembunuhan ini, tidak dibenarkan secara hukum” ujarnya

Ia berharap, demi tegaknya supremasi hukum, kasus ini dapat segera diungkap oleh pihak kepolisian setempat, sehingga dapat memberi sebuah kepastian hukum terutama bagi keluarga korban, ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sayed Zahirsyah juga mengatakan, pihaknya menyampaikan rasa keperihatinan yang sangat mendalam dan turut berbelasungkawa bersama keluarga korban, imbuhnya

Seperti diberitakan sejumlah media, salahsatu wartawan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Mara Salem Harahap akrab disapa Marshal, tewas mengenaskan, jasadnya ditemukan, Sabtu (19/6/2021) dengan kondisi luka tembak. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita