by

5 Hal Sebaiknya Dihindari Setelah Makan, Bahaya Lho

5 Hal Sebaiknya Dihindari Setelah Makan, Bahaya Lho

LANGSASATU.COM- Ada beberapa kebiasaan setelah makan yang tanpa disadari sangat tidak baik untuk tubuh.

Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Makan buah

Makan buah memang baik. Namun, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan setelah makan. Makan buah setelah makan akan membuat perut menjadi kembung. Sebab, buah tersebut tidak bisa dicerna dengan baik. Oleh karena itu tunggu beberapa saat apabila Anda ingin makan buah setelah makan.

2. Merokok

Para perokok mempunyai kebiasaan untuk merokok setelah makan. Padahal kebiasaan ini mampu meningkatkan risiko kanker usus, radang usus besar, dan iritasi lambung. Beberapa hal di atas sebaiknya dihindari setelah makan. Pasalnya, kebiasaan tersebut mampu mengakibatkan rasa ketidaknyamanan di perut dan akan meningkatkan risiko kesehatan yang lebih berbahaya.

3. Mandi

Mandi setelah makan juga mampu mengganggu pencernaan dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan di perut. Pencernaan membutuhkan banyak energi dan darah ketika sedang mencerna makanan. Namun, ketika seseorang mandi setelah makan, maka aliran darah akan terhenti.

4. Tidur

Tidur setelah makan merupakan salah satu hal yang sering dilarang. Pasalnya, ketika langsung tidur setelah makan, maka makanan tidak akan dicerna dengan baik dan membuat asam lambung naik. Sehingga akan menimbulkan rasa seperti terbakar di tenggorokan dan kerongkongan.

5. Olahraga

Sama seperti pepatah orang tua dahulu, yakni jangan langsung lompat-lompat ketika selesai makan. Ketika Anda berolahraga segera setelah makan, maka organ pencernaan akan kehilangan daya untuk mencerna makanan yang baru saja masuk, sehingga dapat menimbulkan efek nyeri perut, mual, dan ataupun muntah. Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna secara penuh oleh saluran pencernaan. Paling tidak, beristirahatlah sejenak untuk menunggu makanan selesai dicerna oleh lambung guna menghindari adanya refluks.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *