by

Aceh Timur Diterjang Banjir, Dandim Siagakan Personil Bantu Evakuasi Warga

-Nanggroe-12 views

Aceh Timur Diterjang Banjir, Dandim Siagakan Personil Bantu Evakuasi Warga

LANGSASATU COM, ACEH TIMUR- Banjir merendam sejumlah Gampong (Desa) dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh.

Bahkan, sebagian warga terpaksa mengungsi akibat rumah mereka tempati terendam banjir.

Sementara itu, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol mengatakan, telah memerintahkan seluruh Danramil dan jajarannya untuk mensiagakan personel membantu warga terdampak banjir.

Kesiapsiagaan membantu korban banjir kata Dandim merupakan bentuk Kemanunggalan TNI bersama Rakyat.

“Ini juga sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat yang sedang mengalami musibah, dan bentuk Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” tutur Dandim

Diterangkan, selain perang sambung Dandim, membantu korban bencana merupakan cerminan dari salah satu tugas pokok TNI.

“Membantu menanggulangi akibat bencana alam, serta memberikan motivasi bagi warga agar sabar dan selalu waspada akan datang musibah yang terjadi, menjadi tugas TNI,” katanya.

Dandim berharap, masyarakat melaporkan setiap kejadian yang terjadi kepada Babinsa setempat atau aparat Desa, sehingga segala kejadian dapat ditindaklanjuti dan ditangani dengan cepat.

Hujan mengguyur tanpa henti sejak Kamis malam 24 hingga Sabtu 26 Februari 2022. Diperkirakan tiga belas Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur terdampak banjir.

“Tiga Belas Kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan Julok, Kecamatan Indra Makmu, Kecamatan Nurussalam, Kecamatan Banda Alam, Kecamatan Peudawa, Kecamatan Peureulak, Kecamatan Madad, Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Darul Aman, Kecamatan Darul Ikhsan, dan Kecamatan Peureulak Barat, dimana rata-rata tinggi air mencapai 20 hingga 50 Cm,” papar Dandim.

Menurutnya, kondisi terparah terjadi di Kecamatan Indra Makmur, dimana ratusan warga terpaksa dievakuasi oleh aparat TNI-Polri setempat dan BPBD ke lokasi yang lebih tinggi tidak digenangi banjir, yakni di Mengasah Dusun Mata U dan Dusun Akoja Desa Alue Ie Mirah kecamatan setempat, ada juga sebagian warga mengungsi ke rumah tetangga.

Dari data sementara yang diterima jumlah warga pengungsi sebanyak 250 jiwa. Angka tersebut diperkirakan akan meningkat bila kondisi hujan terus berlangsung dan dengan curah yang tinggi.

Sementara itu jumlah Gampong (Desa) terendam banjir di Kecamatan Indra Makmu, Aceh Timur sebanyak 8 (Delapan) Gampong, diantaranya Gampong Alue Ie Mirah, Jamboe Lubok, Julok Rayeuk Utara, Julok Rayeuk Selatan, Blang Nisam, Pelita Sagub Jaya, Seneubok Cina dan Gampong Alue Itam,.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita