by

AJI Langsa Buka Kesempatan Anggota Baru, Ayo Bergabung

-Langsa-22 views

AJI Langsa Buka Kesempatan Anggota Baru, Ayo Bergabung

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Langsa membuka kesempatan kepada para jurnalis cetak, online, radio, jurnalis foto dan video, blogger, pers mahasiswa, perancang grafis berita, pengecek fakta, kolumnis, penulis cuplikan berita televisi dan jejaring sosial, pembaca berita televisi dan radio untuk bergabung menjadi anggotanya.

Sekretaris AJI Langsa, Mulyadi pada LANGSASATU.COM,Senin (7/9/2020) mengatakan, rekrutmen anggota baru AJI Langsa merupakan salah satu amanat Konferta AJI Kota Langsa bulan Desember 2019 lalu. Sekaligus bagian dari regenerasi dan memberi ruang bagi jurnalis untuk berserikat dan berkumpul.

Mulyadi menjelaskan, jurnalis yang berminat bergabung dengan AJI Langsa harus melalui sejumlah tahapan seperti seleksi administrasi hingga wawancara.

Selain itu mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan tiga karya jurnalistik yang diproduksi dalam satu tahun terakhir dan telah dipublikasikan di perusahaan pers berbadan hukum hukum, untuk selanjutnya akan diverifikasi tim AJI Langsa.

“Syarat lainnya calon anggota tidak bekerja dan atau melakukan kegiatan yang bertentangan dengan AD/ART AJI dan kode etik jurnalistik serta visi misi AJI,” kata Mulyadi

Sesuai dengan amanat Konferta AJI Langsa yang itu pula, mulai tahun ini perekrutan anggota terbuka untuk pers mahasiswa. Namun, syarat untuk pers mahasiswa harus menyerahkan 13 karya jurnalistik yang sudah dipublikasikan dalam satu tahun terakhir.

“Selanjutnya akan ada tahapan lagi, wawancara dan mendapat minimal tiga rekomendasi dari anggota AJI, semua anggota baru yang mendaftar wajib ada tiga rekomendasi dari anggota AJI,” terangnya.

Bagi jurnalis berdomisili di Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang sekitarnya yang berminat mendaftar dapat mengambil formulir di Sekretariat AJI Langsa, di Jalan Komplek Savira Indah A/32 Langsa Barat, Kota Langsa. Pengembalian formulir mulai tanggal 10-20 Oktober 2020.

“Selanjutnya akan diverifikasi administrasi oleh tim dan akan dihubungi oleh panitia seleksi untuk wawancara,” tutupnya.

Aliansi Jurnalis Independen atau AJI adalah organisasi profesi jurnalis, yang didirikan oleh para wartawan muda Indonesia pada 7 Agustus 1994 di Bogor, Jawa Barat, melalui penandatangan suatu deklarasi yang disebut “Deklarasi Sirnagalih”.

Nasional dan Internasional

AJI juga diakui dan dikenal konsisten terhadap memperjuangkan kebebasan pers dan berekspresi.

Pengakuan tak hanya datang dari dalam negeri (Nasional), tetapi juga dari manca negara (Internasional).

Diantaranya dari International Federation of Journalist (IFJ), Article XIX dan International Freedom Expression Exchange (IFEX). Ketiga organisasi internasional tersebut kemudian menjadi mitra kerja AJI.

Selain itu banyak organisasi-organisasi asing, khususnya NGO internasional, yang mendukung aktivitas AJI. Termasuk badan-badan PBB yang berkantor di Indonesia.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita