by

Anyaman Tikar Pandan Gampong Cinta Raja Wakili Kota Langsa Ikut Perlombaan Kerajinan Tingkat Provinsi

-Langsa-50 views

Anyaman Tikar Pandan Gampong Cinta Raja Wakili Kota Langsa Ikut Perlombaan Kerajinan Tingkat Provinsi

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM- Kelompok Pengrajin anyaman Tikar Pandan Gampong Cinta Raja Kecamatan Langsa Timur akan mewakili Kota Langsa mengikuti perlombaan kerajinan tingkat Provinsi Aceh.

Wakil Ketua Dekranasda Kota Langsa Ny. Nurhanifah Yatim, A.MK saat meninjau kelompok pengrajin anyaman tikar pandan Gampong Cinta Raja binaan Dekranasda Pemko Langsa, Kamis (10/6/2021) dalam sambutannya mengatakan, hari ini Dekranasda Kota Langsa turun langsung ke Gampong Cinta Raja untuk melakukan pembinaan kelompok pengrajin anyaman tikar pandan.

Ia juga mengatakan, kelompok pengrajin anyaman tikar pandan Gampong Cinta Raja, oleh Dekranasda Kota Langsa mendapat pembinaan khusus dan selanjutnya akan diikutsertakan pada perlombaan kerajinan tingkat Provinsi Aceh.

Kegiatan yang juga turut dihadiri oleh Tim Dekranasda Kota Langsa beserta Unsur Disperindagkop & UKM Kota Langsa serta Tokoh Masyarakat Gampong Cinta Raja maupun sejumlah Kelompok pengrajin anyaman tikar pandan gampong setempat, Nurhanifah berpesan, kelompok pengrajin dapat lebih kompak dan tidak terpaku pada satu jenis produksi, namun untuk dapat lebih dikembangkan lagi.

“Saya berharap pengrajin tidak terpaku hanya disatu produksi kerajinan saja, tetapi dapat lebih dikembangkan lagi ke jenis produk lainnya seperti tas, sendal, tempat tisue, dompet dan sebagainya.

Oleh karena itu, hari ini kami dari Dekranasda Kota Langsa akan membina kelompok pengrajin agar dapat mengembangkan kerajinan tangan lainnya sehingga dapat lebih produktif lagi” pungkas Nurhanifah.

Sementara itu, Sekretaris Gampong Cinta Raja mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini.

Ia menerangkan, masyarakat Gampong Cinta Raja sangat bersyukur dan mendukung penuh atas terpilihnya gampong mereka, dan juga nantinya secara khusus akan dibina oleh Tim Dekranasda Kota Langsa untuk mewakili Pemko Langsa, mengikuti perlombaan Dekranasda tingkat Provinsi.

“Ini merupakan sebuah kehormatan bagi masyarakat Gampong Cinta Raja” ujarnya

Kepada Ibu ibu kelompok pengrajin anyaman tikar pandan, untuk dapat memanfaatkan momentum ini dengan sebaik- baiknya.

Dan berharap Pemerintah Kota Langsa melalui Dekranasda dapat menetapkan serta dikeluarkan Surat Keputusan (SK) penunjukan Gampong Cinta Raja sebagai Gampong Binaan Dekranasda.

Selain itu, juga diharapkan Dekranasda Kota Langsa untuk dapat menyediakan fasilitas bagi pengrajin seperti pengadaan alat atau sarana pendukung kerajinan, sehingga nantinya para pengrajin dapat meningkatkan produksi maupun perekonomian khususnya kelompok pengrajin anyaman tikar pandan ” ujarnya.

Sementara, di tempat yang sama, Wakil Sekretaris Dekranasda Kota Langsa, Syarifah Syamrah menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kelompok pengrajin anyaman tikar pandan Gampong Cinta Raja dan mendapat pembinaan dari Dekranasda untuk mewakili Pemko Langsa dalam perlombaan kerajinan tingkat Provinsi Aceh.

“Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Gampong Cinta Raja mewakili Kota Langsa dalam perlombaan desa kerajinan di Tingkat Provinsi Aceh, berharap kiranya untuk dapat lebih kreatif serta produktif dalam mengembangkan hasil kerajinannya” ujarnya

Dikatakannya, dari 66 Gampong yang ada dalam wilayah Pemerintahan Kota Langsa, salahsatunya, kelompok pengrajin Gampong cinta Raja yang terpilih.

Dikesempatan itu, Dekranasda Kota Langsa juga menyerahkan dana bantuan pembinaan sebesar Rp 5.000.000,- bagi kelompok pengrajin anyaman tikar pandan Gampong Cinta Raja.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita