by

Banjir Rob Genangi Pemukiman Warga di Kota Langsa

Banjir Rob Genangi Pemukiman Warga di Kota Langsa

LANGSASATU.COM, LANGSA- Banjir rob genangi sejumlah pemukiman warga di kawasan pesisir, Pemko Langsa, Rabu (19/5/22)

Keuchik Gampong Kuala Kecamatan Langsa Barat, Rusmadi, SKM mengatakan, banjir rob yang melanda gampongnya saat ini, menurutnya terbilang besar, dimana hampir 40 persen rumah warga terendam air.

Untuk menyelamatkan barang berharga seperti perabot rumah tangga dan lainnya dari rendaman air, warga terpaksa mengevakuasinya ke tempat lebih tinggi.

Ia menyebutkan, air merambat pemukiman warga pukul 12.00 Wib s.d 15.00 Wib.

Dirinya dan warga lainnya berharap banjir rob dapat segera surut dan aktifitas masyarakat dapat berjalan sebagai mana biasanya.

Rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

Sementara itu, banjir rob juga dirasakan oleh warga Km 5 Gampong Sungai Pauh Pusaka Kecamatan Langsa Barat, dimana air merendam sejumlah rumah.

Kondisi serupa juga dialami warga pemukiman perumahan BTN Sungai Pauh, air banjir memasuki sebagian rumah warga, seperti yang dialami warga RT 24 hingga RT 20 komplek tersebut

Bahkan, ketinggian air mencapai 20-30 cm. Selain itu, hampir seluruh badan jalan di komplek juga digenangi air banjir.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.