by

Bantai Maroko, Afsel Juarai Piala Afrika Putri

Bantai Maroko, Afsel Juarai Piala Afrika Putri

LANGSASATU.COM | JAKARTA- Timnas sepakbola putri Afrika Selatan (Afsel) menjuarai piala Afrika Putri, setelah sebelumnya mengalahkan timnas Maroko dengan skor 2-1 dalam laga final Women’s Africa Cup of Nations 2022 di Stadion Sepakbola Rabat, Maroko, Sabtu (23/7) waktu setempat.

Kemenangan tersebut membuat pemain timnas putri Afrika Selatan berhak mengangkat trofi Piala Afrika.

Jalannya pertandingan kedua tim berlangsung menarik. Timnas Maroko dihadapan pendukungnya bermain ciamik menerapkan permainan strategi menyerang.

Namun, sang dewi fortuna tidak berpihak kepada tim Maroko, dan terpaksa menelan pil pahit kekalahan.

Striker timnas Afrika Selatan, Hildah Magaia, sukses mencetak dua gol, pada laga final tersebut.

Dua gol Magaia terjadi dalam kurun delapan menit setelah mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-63 dan menciptakan gol kedua pada menit ke-71 dari posisi yang sama.

Hasil dua gol itu membuat pemain timnas Afsel menjadi larut dan eforia kemenangan, sehingga kehilangan penguasaan bola, sehingga membuat Maroko membalaskan satu gol pada menit ke-80 melalui striker kelahiran Inggris Rosella Ayane.

Laga yang berlangsung di hadapan penonton Maroko di Rabat tersebut berlangsung menegangkan sampai harus dilangsungkan dengan memasukkan sembilan menit tambahan.

Pun demikian, hingga pluit panjang dibunyikan oleh wasit tanda berakhirnya pertandingan, skor tidak berubah 2-1 untuk kemenangan Timnas Afsel.

Juara itu oleh timnas Afsel gelar untuk yang pertama sekali direbut setelah lima kali berturut menjadi runner-up, termasuk edisi terakhir pada 2018.

Sementara, Maroko memainkan final pertamanya dan akan mendampingi Afrika Selatan ke Piala Dunia Putri tahun depan bersama dengan dua semifinalis yang tersisih, Nigeria dan Zambia.

Piala Afrika Putri menjadi turnamen yang menentukan kualifikasi Afrika untuk Piala Dunia Putri yang diadakan di Australia dan Selandia Baru, demikian Reuters (*)

fhoto : timnas sepakbola putri Afsel mengangkat trophy juara (sumber : antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *