by

Besok, Belajar Mengajar Tatap Muka Serentak Digelar di Kota Langsa, Kadisdikbud : Sekolah Tidak Taat Peraturan Kembali ke Daring

-Langsa-266 views

Besok, Belajar Mengajar Tatap Muka Serentak Digelar di Kota Langsa, Kadisdikbud : Sekolah Tidak Taat Peraturan Kembali ke Daring

Laporan: Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, mulai Kamis (13/8/2020) akan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka (KBM TM) serentak untuk seluruh jenjang sekolah, mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) baik negeri maupun swasta dalam wilayah Pemko Langsa.

Pun demikian, aktifitas KBM TM tersebut dilaksanakan diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Hal itu disampaikan Kadis Pendidikan Kota Langsa, Dra.Suhartini. M.Pd pada ACEHSATU.COM, disela rapat daring zoom bersama seluruh Kepala Sekolah se Pemko Langsa berlangsung di Aula Zoom Meeting Disdikbud Pemko setempat, Selasa (11/8/2020)

“Insya Allah, proses KBM TM akan digelar serentak untuk seluruh jenjang pendidikan mulai PAUD, TK, SD, SLTP negeri dan swasta dalam wilayah Pemerintahan Kota Langsa pada Kamis 13 Agustus 2020, mohon dukungan dan doanya, semoga semuanya dapat berjalan lancar” kata Suhartini.

Menurut orang nomor satu di jajaran Dinas Pendidikan Kota Langsa itu, Kementerian pendidikan melalui siaran persnya dan Sesuai Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran Masa Covid-19, bahwa Kabupaten/Kota Zona Hijau dan Kuning dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Selain itu, KBM TM dilaksanakan berdasarkan adanya rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 Kota Langsa yang mengizinkan kegiatan dimaksud diiringi penerapan protokol kesehatan sangat ketat.

Kadis yang akrab disapa Bu Titin ini menegaskan, pelaksanaan KBM TM dapat dihentikan berdasarkan evaluasi dan monitoring antara lain, jika sewaktu waktu peta resiko Covid-19, Kota Langsa menunjukan warna orange dan merah maka proses Kegiatan Belajar Mengajar kembali ke Daring, paparnya

Sekolah sebagai ujung tombak pelaksanaan KBM TM, pihaknya mengingatkan pimpinan sekolah untuk mentaati dan mematuhi aturan yang ditetapkan

“Jika dalam pelaksanaannya nanti ditemukan sekolah tidak mentaati aturan, tidak konsisten menjalankan kesepakatan yang telah dibuat, maka sekolah tersebut tidak diperkenankan melaksanakan KBM TM dan kembali ke Daring” kata Suhartini.

Pihaknya juga berharap kepada Satuan tugas (Satgas) Covid-19 jajaran Pendidikan untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya.

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang telah dikirim ke pihak Disdikbud Kota Langsa.

“Ini penting, kita berharap adanya patroli Covid-19 yang dilakukan oleh Satgas Covid Disdikbud, seperti lakukan dan mengawasi warga sekolah agar tidak berkerumun serta mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan baik kepada para pelajar, dewan guru dan lainnya, ini adalah tugas mulia” tegasnya.

Selain itu kata Suhartini, dalam pelaksanaan monitoring KBM TM, Ia juga meminta bidang pembinaan masing jenjang dan pengawas sekolah yang bertugas untuk dapat terlibat langsung.

Seperti memberikan pembinaan terhadap PBM kepada PTJK dan para Kepala Sekolah baik secara daring atau lainnya.

Disdikbud Kota Langsa kata Suhartini, akan mengawasi dan memantau langsung terutama tentang penerapan protokol kesehatan terkait pelaksanaan KBM TM pada satuan pendidikan atau sekolah

Kepala sekolah juga diharapkan untuk dapat menyampaikan laporan secara kontinue ke Disdikbud Kota Langsa menyangkut pelaksanaan KBM TM

Langkah itu menurut Suhartini penting dilakukan, karena akan menjadi bahan evaluasi bersama terutama menyangkut kendala dan permasalahan dilapangan, sehingga dapat dicarikan solusi.

Kadisdikbud Kota Langsa juga mengatakan, proses Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka ini tidak semata tanggung jawab lembaga Disdikbud, namun merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat Kota Langsa.

” KBM TM ini adalah tanggung jawab kita bersama, tidak mungkin Disdikbud dapat berjalan sendiri, dukungan dan doa restu dari masyarakat Kota Langsa juga sangat diharapkan, semua ini semata demi kelangsungan pendidikan anak anak kita,” pungkas Suhartini.

Rapat Koordinasi virtual Kadisdikbud bersama Kepala sekolah tingkat PAUD, TK, SD, SLTP negeri maupun swasta se Kota Langsa berlangsung lancar dan tertib.

Sejumlah pejabat jajaran Disdikbud Pemko setempat juga turut hadir diantaranya, Kepala Bidang (Kabid) SMP, Muhammd Ikhsan, ST, M.CIO, Kabid PAUD, Daud Zulfadli, SE, Kabid Kebudayaan, Azhari, SE, beserta para Kasi dari setiap bidang (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita