by

Besok Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

-Nanggroe-82 views

Besok Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

LANGSASATU.COM, JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan , Besok, Selasa (14/6/22) tahapan Pemilu 2024 dimulai.

Kabarnya kegiatan pembukaan tahapan pemilu 2024 rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kegiatan hari ini, sehari menjelang kita laksanakan tahapan yaitu 14 Juni dan besok 14 Juni, kita lakukan peluncuran tahapan, kita lakukan Rakornas mengundang seluruh jajaran pimpinan KPU provinsi se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke, ya bagian dari upaya konsolidasi awal untuk persiapan pemilu dan pemilihan serentak 2024,” kata Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik, Yulianto Sudrajat saat Rakornas Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024, di Hotel Gran Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

KPU juga telah mempersiapkan berbagai agenda seperti penyampaian arahan dan kebijakan kepada KPU Provinsi dan selanjutnya hal tersebut juga disampaikan kepada jajaran di tingkatan Kabupaten/Kota, kata Yulianto.

Disebutkan, rakornas merupakan bagian awal dari konsolidasi dalam pemilu 2024. Selain itu, Yulianto juga mengatakan untuk anggaran, secara umum telah disetujui oleh Komisi II DPR-RI.

“Hal ini perlu karena ini awal kita akan melakukan konsolidasi dan nanti akan berjenjang sampai tingkat Kabupaten/Kota, bahwa tahapan sudah ditetapkan. Kemudian anggaran secara umum juga sudah disetujui oleh Komisi II dan saat ini juga terus berproses di badan anggaran ya, badan anggaran dan kemudian nanti akan kita siapkan seluruh aspek perencaan untuk seluruh kegiatan tahapan-tahapan,” katanya

Lebih jauh disampaikan Yulianto, tahapan terdekat saat ini adalah pendaftaran dan verifikasi partai politik. Rencananya akan dimulai pada 29 Juli-13 Desember 2022.

“Karena tahapan yang paling dekat yaitu tahapan proses pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu Calon peserta pemilu 2024 yang akan dilaksanakan bulan Agustus, dan kalau sudah bicara soal verifikasi baik itu administrasi maupun faktual kan nanti sampai ke kabupaten kota,” katanya.

“Perihal seperti itu yang juga nantinya akan akan kita sampaikan kepada seluruh jajaran, agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya, secara umum begitu sampai nanti juga termasuk pendaftaran pemilih sampai juga dengan persiapan pembentukan badan ad hoc,” sambungnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Parsadaan Harahap mengatakan, pada pembukaan tahapan pemilu yang akan dilaksanakan besok, Presiden Jokowi. dikonfirmasi akan hadir.

Diungkapkan, pihaknya juga sudah melakukan audiensi dan terkonfirmasi rencananya bapak presiden akan menghadiri acara pembukaan tahapan pemilu 2024, pungkasnya (dtc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *