by

BMKG : Hujan Lebat Berpeluang Terjadi di Aceh

-Nanggroe-15 views

BMKG : Hujan Lebat Berpeluang Terjadi di Aceh

LANGSASATU COM – Hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini tersebut, Senin (14/3/22)

Potensi serupa juga dialami sejumlah wilayah lainnya di Indonesia seperti Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Selain itu, bagian wilayah Provinsi Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan juga menghadapi potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Hujan lebat  juga dikhawatirkan dapat menyebabkan bencana alam. Sementara, warga yang tinggal di daerah rawan bencana, diimbau mewaspadai kemungkinan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto sebelumnya mengatakan, bibit siklon tropis 90S yang terbentuk di sekitar Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah daerah.

Bibit siklon dengan kecepatan angin maksimum 25 knot (46 km/jam) itu, menurut dia, juga bisa menyebabkan gelombang setinggi 2,5 sampai empat meter di Samudra Hindia selatan Jawa.(antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita