by

BMKG : Waspadai Gelombang Tinggi 

-Nanggroe-42 views

BMKG : Waspadai Gelombang Tinggi

LANGSASATU.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan daerah di Indonesia pada Sabtu (21/5/2022) hingga Ahad (22/5/2022).

Diperkirakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot.

BMKG juga mengingatkan masyarakat khususnya tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir.

“Untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Kepala Humas BMKG Taufan Maulana, Jumat (20/5/2022).

Sementara perairan laut Aceh, BMKG memperkirakan gelombang tinggi pada kisaran 2.5 – 4.0 meter, berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simelue.

Disebutkan, potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar. (Republika)

fhoto : ilustrasi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita