by

Buaya Muncul di Sungai Tamiang, Warga Resah, Selain Mengancam Jiwa, Hewan Ternak Jadi Sasaran

-Nanggroe-60 views

Buaya Muncul di Sungai Tamiang, Warga Resah, Selain Mengancam Jiwa, Hewan Ternak Jadi Sasaran

LANGSASATU.COM, ACEH TAMIANG- Seekor buaya muncul di sungai Aceh Tamiang. Warga menjadi resah. Selain mengancam jiwa, hewan ternak milik warga juga tidak luput menjadi sasaran mangsa

Binatang predator diperkirakan berukuran lebih kurang dua meter itu, terlihat oleh warga sering muncul di tepi sungai Aceh Tamiang, perbatasan antara Kampung Alur Cucur, Kecamatan Rantau dan Kampung Alur Bemban, Kecamatan Karang Baru.

“Tadi siang muncul lagi, sepertinya sedang berjemur di tepi sungai. Namun karena warga terlalu ribut, sehingga terdengar oleh buaya langsung melarikan diri (nyelam) ke sungai,” kata Abdul Karim (46) warga setempat, Ahad (20/3/22).

Diperkirakan buaya itu jumlahnya lebih dari satu ekor. Karena beberapa waktu yang lalu, belum lama ini warga juga melihat buaya berukuran besar dan diduga sebagai induknya.

“Tadi yang nampak itu masih buaya ukuran kecil, paling dua meter,” tuturnya lagi

“Kalau kemarin belum lama ini, menurut keterangan saksi mata yang melihatnya sangat besar sekali, sepertinya induk buaya. Kata orang tua sini untuk menangkapnya harus di pasang perangkap, menggunakan umpan ayam hidup,” sambungnya.

Sementara itu, Machriansyah (47) warga Kampung Alur Bemban mengatakan, binatang reptil itu terkadang muncul tiba tiba. Hingga mengejutkan warga yang sedang memancing ikan di sungai Tamiang.

Disebutkan, sebelum buaya menampakkan wujudnya, warga yang tengah memancing itu, terlebih dahulu mendengar suara ribut, kawanan monyet ekor panjang, dari arah seberang sungai.

“Kehadiran buaya muara itu ditandai dengan suara ribut gerombolan monyet yang tidak biasanya. Setelah dicermati monyet-monyet itu seperti ketakutan melihat sesuatu dari dalam sungai ingin menerkamnya,” sebutnya.

Ia juga mengaku pernah melihat buaya sesekali naik ke darat atau tepi sungai, diduga untuk mencari mangsa. Sejauh ini belum pernah ada laporan warga yang diterkam.

“Buya itu sudah sering sekali muncul dan menampakkan diri kepermukaan air. Tapi saya tidak bisa memastikan seberapa besar ukuran buaya itu,” ungkapnya (antara).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.