by

Cegah Banjir, Pemko Langsa akan Revitalisasi Drainase Simpang Empat Matang Seulimeng

Cegah Banjir, Pemko Langsa akan Revitalisasi Drainase Simpang Empat Matang Seulimeng

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA- Pemerintah Kota Langsa melalui instansi terkait rencananya akan melakukan revitalisasi saluran pembuangan air (drainase) Induk di Simpang Empat Gampong Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat.

Hal itu seiring kegiatan observasi lapangan dilaksanakan Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemko Langsa, Ali Musafah,SE, Kabag Administrasi Pembangunan, Fahriansyah,SH dan Kasubbag Pengendalian Program Bagian Pembangunan Sekretariat Pemko Langsa, Nirwansyah,S.Sos.I, Rabu (11/5/22).

Turut juga hadir, PJ Keuchik Gampong Matang Seulimeng, Mursalin,S.STP, M.AP dan Iskandar, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Pemko Langsa.

Ali Musafah mengatakan, peninjauan lapangan dilakukan bertujuan untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya banjir atau genangan air di lokasi serta langkah dan tindak lanjut akan dilakukan.

Dikesempatan itu, pihaknya juga mendengar serta menampung berbagai masukan yang disampaikan, baik oleh warga maupun para tokoh masyarakat gampong setempat, terkait penanganannya.

“Hasil peninjauan lapangan dan berbagai masukan dari warga maupun para tokoh masyarakat, kita laporkan kepada bapak Wali Kota, Insya Allah, akan segera ditindaklanjuti” tuturnya.

Sementara itu, Kabag Administrasi Pembangunan Sekretariat Pemko Langsa, Fahriansyah,SH mengatakan, observasi lapangan dilakukan, juga tindak lanjut surat dari Keuchik Gampong Matang Seulimeng nomor : 470/457/2022 tanggal 14 Maret 2022, ditujukan kepada Walikota Langsa, perihal permohonan evaluasi serta tindak lanjut pada saluran pembuangan air (Drainase) di Simpang Empat Matang Seulimeng.

Disebutkan, terkait penanganan dan agar lebih tepat sasaran, pada Jum’at (13/5/22) sekira pukul 09.00 Wib digelar pertemuan di ruang rapat Bagian Pembangunan Sekretariat Pemko Langsa, melibatkan instansi terkait diantaranya, Dinas PUPR Kota Langsa, DLHK, Camat Kecamatan Langsa Barat, Keuchik Gampong Matang Seulimeng, terangnya.

Untuk diketahui beberapa waktu lalu, curah hujan dengan intensitas tinggi di Kota Langsa mengakibatkan terjadinya banjir atau genangan air di sejumlah titik dalam wilayah pemerintahan Kota terletak paling timur Aceh tersebut.

Diduga hal itu disebabkan, tidak berfungsinya saluran drainase. Titik paling parah terjadi banjir salah satunya adalah kawasan Simpang Empat Gampong Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat. Dimana ketinggian genangan air mencapai lebih kurang satu meter diatas permukaan tanah.

Informasi dihimpun LANGSA SATU.COM dari warga setempat, banjir terjadi akibat tidak lancarnya aliran air, dikarenakan penyumbatan serta pengecilan alur drainase di sejumlah titik jalur parit induk tersebut.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita