by

Cegah Penularan Covid-19, AJI Langsa Salurkan Masker dan Hand Sanitizer untuk Jurnalis

-Langsa-18 views

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM : Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Langsa menyalurkan masker dan hand sanitizer untuk anggotanya, Jum’at (17/4/2020).

Alat Pelindung Diri (APD) dalam mencari berita itu merupakan bantuan dari AJI Pusat yang disebar ke masing-masing AJI Kabupaten/Kota.

Ketua AJI Langsa, Mustafa Rani pada LANGSASATU.COM menjelaskan bantuan tersebut akan diberikan menyeluruh ke semua anggota yang tersebar seperti Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

“Untuk kawan-kawan di Kabupaten Kota wilayah AJI Langsa yang belum menerima, bisa mengambilnya di sekretariat AJI Langsa Jl. Komplek Savira Indah A/32 Langsa, Kecamatan Langsa Barat” ujarnya.

Dikatakan Mustafa, masker dan hand sanitizer merupakan kebutuhan para jurnalis yang harus turun lapangan untuk mengabarkan informasi terkini kepada masyarakat. Termasuk memberikan perkembangan dan edukasi terkait Covid-19 di daerah.

“Tidak semua perusahaan pers menyediakan pelindung diri kepada jurnalisnya. Untuk itu, kami AJI Langsa mengucapkan terima kasih kepada AJI Indonesia yang telah membeikan bantuan APD,” tuturnya.

Bagi kawan-kawan yang berstatus kontributor atau stengger, kata Mustafa Rani, bantuan masker dan hand sanitizer sangat membantu untuk kelancaran menjalankan aktifitas jurnalistiknya.

Untuk itu, AJI Langsa menghimbau perusahaan pers agar memberikan perlindungan kepada jurnalisnya yang masih bertugas di tengah pandemi Covid-19.

“Selain alat pelindung diri, perusahaan pers wajib memberikan hak-haknya. Seperti upah bulanannya yang kadang kerap tidak diterimanya setiap bulan,” tuturnya.

Demi keselamatan dan kesehatan jurnalis di lapangan, AJI Langsa terus mengingat para jurnalis agar mengedepankan protokol keamanan peliputan dan pemberitaan Covid-19.

Pasalnya, tak ada berita seharga nyawa. Prosedur yang sudah dirancang AJI Indonesia dengan sejumlah pakar itu harus dijalankan demi keamanan bersama, ujar Mustafa. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita