by

Cerita Partai Golkar Kota Langsa di Bulan Ramadhan 1442 H

-Langsa-62 views

Cerita Partai Golkar Kota Langsa di Bulan Ramadhan 1442 H

Laporan : Khairul Amri S.Pd
(Sekretaris DPD II Partai
Golkar Kota Langsa)

LANGSASATU.COM,LANGSA- Dewan pimpinan DPD II Partai Golkar Kota Langsa salurkan ribuan paket lebaran kepada kader se Kota Langsa. Kegiatan berlangsung sejak tanggal 3 Mai 2021 dan selesai pada 11 Mai 2021.

Adapun paket yang disalurkan kepada kader tersebut terbagi dalam beberapa bentuk atau type, klasifikasi. Hal itu dilakukan bertujuan untuk adanya pemerataan perhatian DPD II Partai Golkar kepada seluruh jajaran kepengurusan sampai tingkat Gampong (Desa).

Struktur kepengurusan partai Golkar Kota Langsa saat ini telah terbentuk hingga ke tingkat Gampong, dan setiap Gampongnya, minimal sebanyak 15 hingga 25 orang mengisi posisi kepengurusan.

Adapun jumlah Gampong dalam wilayah Pemerintahan Kota Langsa yaitu sebanyak 66 Gampong.

Partai Golkar Kota Langsa membentuk Pimdes sebanyak 72 kepemimpinan tingkat Gampong/Desa, angka tersebut mengingat ada Gampong yang memiliki jumlah penduduknya padat, maka di Gampong itu partai Golkar membentuk Pimdes guna mempermudah kendali pimpinan desa dalam bersosialisasi maupun tentang pengkoordinasian administratif partai, jika diakumulasikan setiap desanya sebanyak 20 orang personil yang aktif saja maka 20 dikalikan 72 orang, jumlahnya mencapai 1.440 orang kader yang tersebar diseluruh Gampong di Kota Langsa.

Pada bulan ramadhan 1442 H, jelang lebaran DPD II partai Golkar Kota langsa memberikan paket lebaran kepada Pimpinan dan Pengurus Kecamatan (PK) di 5 (Lima) Kecamatan se Kota Langsa.

Adapun komposisi kepengurusan tingkat Kecamatan terdiri 45 orang, jika masing-masing Kecamatan 45 orang dikalikan 5 Kecamatan maka jumlah totalnya yaitu sebanyak 225 orang kader tersebar di seluruh tingkat Kecamatan se Pemko Langsa.

Menariknya penyaluran paket lebaran tidak terhenti di kepengurusan tingkat Gampong/Desa, Kecamatan dan DPD II saja.

Sebaliknya penyaluran paket tersebut juga menyentuh hingga ke pengurus KINO (Kelompok Induk Organisasi} seperti MKGR, KOSGORO- 57, SOKSI, serta organisasi yang didirikan oleh partai Golkar diantaranya HWK, ALHIDAYAH, MDI, AMPI serta organisasi sayap partai seperti AMPG dan KPPG juga tidak luput dan menerima paket lebaran dari DPD II partai Golkar Kota Langsa.

Menyangkut teknis penyaluran paket lebaran. DPD II Parta Golkar Kota Langsa juga membentuk koordinator disetiap tingkat Kecamatan. Dimana bertanggung jawab kepada koordintor umum yaitu Wakil Ketua Bidang OKK DPD II partai Golkar Kota Langsa yaitu sdr M Nasir atau lebih dikenal dengan sebutan Nasir Agam.

Hal itu sesuai Surat Keputusan DPD II partai Golkar Kota Langsa nomor : KEP – 16/DPD – II/GK/IV/2021 tentang pembentukan susunan kepanitian pembagian paket lebaran dan SK kepengurusan seluruh Gampong/Desa se Kota Langsa.

Adapun substansi dari program Ramadhan berbagi atau penyaluran paket lebaran yaitu penyerahan Surat Kepengurusan tingkat Gampong/Desa se Kota Langsa.

DPD II Partai Golkar Kota Langsa mewajibkan kepada semua pengurus untuk mengambil paket bantuan itu masing -masing ke Kantor Sekretariat DPD II partai.

Strategi ini dimaksudkan untuk lebih eratnya terbina jalinan kekeluargaan dan terbentuknya ikatan emosional yang mengakar antara sesama pengurus disemua tingkatan yaitu pengurus tingkat Gampong/Desa dengan pengurus tingkat Kecamatan maupun pengurus DPD II.Selain itu seiring proses pembentukan karakter kader didapati dalam kegiatan ini.

Menguras pikiran,  tenaga dan waktu dalam proses pelaksanaan adalah suatu keharusan demi menuju kesempurnaan (perfect)

Selain itu DPP partai Golkar juga telah membentuk 2 (Dua) lembaga resmi ditubuh partai. Kedua lembaga ini merupakan komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari partai itu sendiri.

Lembaga baru hasil terobosan pemikiran ketua umum DPP partai golkar bapak Airlangga Hartarto tersebut yaitu Badan Saksi Nasional (BSN) dan Badan Pemenangan Pemilu BAPILU).

Kedua lembaga ini bersifat terpisah dari struktur kepengurusan DPD II dan keduanya memimiliki struktur kepengurusanya masing-masing disemua tingkatan, baik di Kecamatan maupun tingkat Gampong/Desa. Semua kepengurusan kedua lembaga ini juga menerima paket lebaran di program ramadhan berbagi ini.

DPD II partai Golkar Kota Langsa yang diketuai olah bapak Ilham Pangestu terus melakukan pembenahan struktur disemua lini, dan dapat dipastikan semua ormas yang mendirikan maupun yang didirikan oleh partai Golkar, organisasi sayap AMPG dan KPPG juga 2 (Dua) badan yakni BSN dan BAPILU di kota langsa, dimana diketahui kesemuanya, kepengurusannya telah terbentuk. Selain itu DPD II Partai Golkar Langsa saat ini fokus pada pembinaan tentang realisasi program partai.

Dengan keberadaan atau terbentuknya kedua lembaga itu. DPD II Partai Golkar Langsa berharap, lembaga ini mampu melahirkan ide ide brilian dan dimuarakan pada sebuah kegitan yang manfaatnya menyentuh langsung kepetingan masyarakat banyak dan mampu menumbuhkan public trus terutama terhadap lembaga atau partai Golkar kedepanya, misalnya seperti program Ramadhan berbagi ini, dimana kegiatan seperti ini memiliki sosial efek yang kontras dalam berpartai.

DPD II Partai Golkar Langsa juga memahami bahwa bantuan paket lebaran yang disalurkan tidak bisa menyelesaikan masalah kehidupan dari masing -masing individu yang menerima bantuan.

Namun paling tidak, DPD II Partai Golkar Kota Langsa bisa hadir dan menjadi solusi bagian dari segala persoalan yang sedang dihadapi secara menyeluruh khususnya oleh kader partai, masyarakat Kota Langsa umumnya terkait problem menghadapi lebaran.

Juga sangat disadari, saat ini segala sendi kehidupan masyarakat tergerogoti oleh kondisi penanganan pandemi Covid-19 tentunya hal ini juga berefek ke masalah ekonomi masyarakat.

Bagi komunitas tertentu kondisi ini mungkin tidak begitu berdampak, namun bagi sebahagian masyarakat kecil ini telah meluluh lantakan mata pencaharian mereka.

Menyadari dinamika tersebut Dampak membuat bapak ilham pangestu mencetuskan program ramadhan berbagi untuk seluruh kadernya.

Merealisasi ide bapak Ilham Pangestu, ratusan kader partai berdatangan ke Sekretariat DPD II partai Golkar Kota langsa setiap harinya sejak dibuka tanggal 3 Mai 2021 dan ditutup tanggal 11 Mai 2021 untuk mengambil hak mereka berupa paket lebaran, dimana jauh hari telah dipersiapkan oleh DPD II partai Golkar Kota Langsa

Antusias kader yang datang ke Kantor Sekretariat DPD II Partai Golkar Kota Langsa sangat diapresiasi. Dan menariknya lagi sistim pengambilan paket pun tidak diwajibkan pada waktu tertentu saja.

DPD II Partai Golkar Kota Langsa memberikan kelonggaran bagi kadernya mengambil paket yang telah tersedia tersebut selepas shalat tarawih hal itu mengingat karena padatnya rutinitas apalagi menjelang lebaran.

Selain itu panitia juga tidak mengalami kendala berarti dalam penyaluran pakat lebaran dan pembagian SK kepengurusan seluruh Gampong/Desa se Kota Langsa.

Responsibelitas pengurus DPD II Kota Langsa khususnya Ketua bapak Ilham Pangestu patut diacungi jempol, banyak hal yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya ditahun ini alhamdulillah dapat diwujudkan oleh DPD II partai Golkar Kota Langsa tentunya semua ini berkat kepedulian beliau (bapak Ilham Pangestu)

Selain itu juga team work yang telah dibentuk oleh ketua DPD II juga bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab,sehingga apa yang menjadi cita dan tujuan, Insya Allah dapat tercapai dengan baik, sungguhpun masih ada terdapat kekurangan, namun itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sifat alamiah manusia itu bahwa kita bukan makhluk yang sempurna, barakallah (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita