by

Cerita Penambal Ban di Kota Langsa, Sukses Buka Lapangan Usaha, Biaya Sendiri Pendidikan Hingga Menjadi Sarjana

-Langsa-178 views

Cerita Penambal Ban di Kota Langsa, Sukses Buka Lapangan Usaha, Biaya Sendiri Pendidikan Hingga Menjadi Sarjana

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Sepasang tangan lelaki berusia paruh baya itu terlihat cekatan membuka ban sepeda motor milik salahsatu warga, yang kondisinya bocor, untuk ditambal.

Mengisi angin melalui selang compressor. Selanjutnya ban dalam sepeda motor itu dimasukan kedalam baskom berisikan air. Terlihat gelembung disertai buih buih kecil.

“Ban nya bocor, mau ditambal atau diganti Bu” tanya Rizal (45) pria penambal ban yang membuka usahanya di jalan A.Yani Kota Langsa.

Rizal saat itu tidak sendiri, Ia turut serta dibantu sejumlah pekerja lainnya yang rata rata masih berusia muda, yang juga terlihat sibuk bekerja menambal ban sepeda motor warga lainnya.

“Ada 8 orang pekerja, disini,” terangnya pada LANGSASATU.COM, Senin (12/7/2021)

Ia mengungkapkan, sudah 14 tahun menekuni pekerjaannya menambal ban.

Rizal mengakui, bangga melihat semangat anak muda (pekerjanya) berjuang dan bekerja keras, mengais rejeki guna memenuhi biaya kebutuhan hidup.

Selain itu sambungnya lagi, aktifitas yang dilakoni, dapat menjauhkan mereka dari perbuatan tercela seperti penyalahgunaan narkoba.

“Mereka bekerja bergantian” kata Rizal mengaku warga Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa Baro,Pemko Langsa.

Diterangkan, dari sejumlah pekerja penambal ban ditempat usahanya termasuk salahsatu diantaranya putranya mampu menyelesaikan pendidikan dan menjadi sarjana.

“Ada dua orang, mereka bekerja keras, mencari uang, untuk membiayai sendiri kuliahnya, Alhamdulillah, sekarang telah selesai dan menjadi sarjana” kata Rizal.

Dan hal itu merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi dirinya pribadi

“Kedepannya, masalah pekerjaan, kita hanya berusaha, Allah SWT yang menentukan” tuturnya.

Disinggung perolehan pendapatan setiap harinya, Rizal mengatakan, cukup untuk menutupi biaya kebutuhan dapur rumah tangga sehari-harinya, pungkasnya (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita