by

Dandim 0104/Atim : Penyuluh Agama Miliki Fungsi Strategis dalam Pembangunan Bangsa

-Langsa-35 views

Dandim 0104/Atim : Penyuluh Agama Miliki Fungsi Strategis dalam Pembangunan Bangsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM – Keberadaan Penyuluh Agama Islam memiliki fungsi dan strategis dalam pembangunan bangsa.

Hal tersebut dikatakan Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) ketika memberi materi pada kegiatan Pembinaan Penyuluhan Agama Islam, tentang Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan, yang digelar oleh Kementerian Agama Kota Langsa, bertempat di Aula Setda, Jln. Cut Nyak Dhien, Gp. Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa.

“Untuk melaksanakan fungsinya dengan baik, Penyuluh Agama dituntut memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap tauladan, sehingga mendukung dalam mewujudkan tugasnya sebagai Penyuluh Agama,” kata Dandim, saat ditemui usai kegiatan tersebut, Senin (01/11).

Menurutnya, para penyuluh agama ini memiliki tugas mulia untuk melakukan baik itu pendidikan formal maupun pendidikan informal kepada masyarakat yang menyiapkan generasi penerus estafet pembangunan dimasa mendatang.

“Wawasan kebangsaan sendiri merupakan suatu cara memandang kemampuan untuk memahami keberadaan jati dirinya sebagai suatu bangsa dan bertingkah laku sesuai falsafah hidup bangsanya dalam lingkungan internal dan eksternal. Sehingga dalam memahami wawasan kebangsaan, para penyuluh agama dapat memberikan contoh keteladanan bagi ditengah masyarakat” ujarnya.

Selain itu, penyuluh agama ini merupakan garda terdepan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terutama persoalan mengenai keagamaan.

Dikesempatan itu Dandim juga menambahkan sikap toleransi serta berpesan memegang teguh sikap toleransi antar umat beragama, pungkasnya (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita