by

Diduga Korupsi, Kejari Tahan Mantan Kabid Perindustrian Abdya

-Nanggroe-16 views

Diduga Korupsi, Kejari Tahan Mantan Kabid Perindustrian Abdya

LANGSASATU.COM | ABDYA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya menahan inisial KHZ (52) mantan Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian pada Dinas Koperasi,UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kepala Seksi  (Kasie) Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya, Joni Astriaman di Blangpidie, Kamis, (15/7) pada wartawan mengatakan, KHZ  mantan Kabid Perindustrian pada Dinas Koperasi,UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Ia merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada kasus aplikasi toko PIKA senilai Rp1,3 milyar

KHZ ditahan atas perkara dugaan tindak pidana korupsi Program Pembangunan Sistem Informasi Terpadu Pusat Industri Kreatif Aceh Barat Daya (PIKA) TA 2020. Berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Abdya Nomor : PRINT-02/L.1.28/Fd.1/06/2022 Tanggal 03 Juni 2022. Sudah 1 bulan 10 hari.

Yang bersangkutan saat ini sudah dititipkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Blangpidie.

Penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang saksi, tiga orang ahli dan ditemukan cukup bukti atas perbuatan KHZ selaku PPK dalam melakukan HPS tidak berdasarkan keahlian sehingga diduga program PIKA itu terjadi pengelembungan harga, terang Joni Astriaman.

Selain itu sambung Joni, dalam pembuatan Program Pembangunan Sistem Informasi Terpadu Pusat Industri Kreatif Aceh Barat Daya (PIKA) TA 2020, tidak sesuai dengan spesifikasi teknis. Hal itu berdasarkan dari keterangan ahli.

Tersangka KHZ sejak Rabu (14/7) dilakukan penahanan selama 20 hari kedepan di Lambaga Pemasyarakatan kelas IIB Blangpidie sesuai dengan surat perintah penahanan Nomor: PRINT-480/L.1.28/Fd.1/7/2022.

Alasan penahanan yaitu tindak pidana itu diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih dan alasan subjektif yaitu karena ada ke khawatiran bahwa tersangka akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tidak pidana, demikian Kasir Intel Kejari Abdya Joni Astriaman (ant)

fhoto : ilustrasi (net)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita