by

Dikecam, Keberadaan Rumah Makan Nasi Padang Babi di Jakarta

-Nanggroe-21 views

Dikecam, Keberadaan Rumah Makan Nasi Padang Babi di Jakarta

LANGSASATU.COM, JAKARTA- Sejumlah kalangan di Jakarta mengecam keras keberadaan rumah makan nasi Padang Babi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jum’at (10/6/22)

Dilansir laman CNNIndonesia, kecaman juga datang dari anggota DPR-RI asal Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, turut mengkritik usaha yang melabel kuliner khas Minangkabau menjual menu rendang berbahan daging babi.

Diungkapkan, usaha kuliner itu telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat terutama warga Minang, karena menjual makanan yang diolah dari daging babi.

Sebelumnya, kemunculan usaha kuliner khas Minangkabau yang menjual menu rendang babi itu viral di media sosial (medsos).

Banyak masyarakat Minang yang protes dengan rendang babi  yang dijual oleh usaha kuliner itu.

Pihaknya mengimbau usaha kuliner tersebut menghilangkan unsur Minang dan tak lagi menjual rendang babi dan mengubah nama restorannya, tidak berhubungan dengan unsur Minang, pinta Andre

Diingatkan, menjual rendang babi tidak sesuai dengan nilai-nilai Minangkabau yang memiliki falsafah adat ‘basandi syarak, syarak basandi kitabullah’ yang identik dengan nilai Islam.

Menurutnya, kuliner rendang yang merupakan makanan khas  Minang, sehingga tidak dapat dipisahkan dari falsafah itu.

“Sedangkan yang bersangkutan menjual nilai babi, tentu tidak identik dengan nilai nilai Minangkabau. Kami mengimbau kepada pengusahanya untuk mengganti nama restorannya dan jangan menjual rendang babi,” ujar Andre.

“Rendang itu makanan khas Minang. Untuk itu kami mengimbau, tidak usah memproduksi rendang babi,” pungkasnya.(CNNIndonesia)

Fhoto : ilustrasi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita