by

Dinsos Kota Langsa Antar Kakek Lansia Terlantar ke Panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, Banda Aceh

-Langsa-126 views

Dinsos Kota Langsa Antar Kakek Lansia Terlantar ke Panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, Banda Aceh

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Dinas Sosial Kota Langsa, menghantar seorang kakek lansia, Legiman (83) warga Gampong Sidorejo Kecamatan Langsa Lama ke Panti Jompo, UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, Banda Aceh.

Kakek Legiman, sebelumnya ditemukan oleh kader Partai Aceh (PA) saat melaksanakan kegiatan bhakti sosial yakni mengunjungi warga tidak mampu kondisi sakit pada puncak Milad Partai Aceh ke-14 beberapa waktu lalu.

Kakek Legiman didapati dalam kondisi terlantar, hidup sebatang kara, huni sebuah gubuk kecil di Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota.

Selanjutnya, oleh kader Partai Aceh melaporkan ke Dinsos Kota Langsa, untuk segera dilakukan penanganan.

“Benar, ketika ditemukan, kondisinya sangat memperihatinkan, tidak terurus juga tidak memiliki identitas” kata Kadis Sosial Kota Langsa, Armia, SP pada LANGSASATU.COM di RSUD Langsa, Sabtu (31/7/2021).

Pihaknya kata Armia, langsung turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan indentifikasi masalah, yang bersangkutan juga tidak memiliki identitas seperti KTP, BPJS dan administrasi kependudukan lainnya.

“Kita juga membantu memfasilitasi administrasi identitas kakek Legiman seperti KTP, BPJS, Alhamdulillah saat ini sudah selesai” terangnya

Selanjutnya sambung Armia, pihaknya melakukan koordinasi dengan Keuchik Gampong Teungoh, Gampong Sidorejo, keluarga Kakek Legiman serta pihak Dinsos, Aceh.

“Pihak keluarga sudah merestui sedangkan Dinsos Aceh meminta untuk melengkapi administrasi seperti surat kesehatan,” papar Armia.

Menindaklanjuti hal itu, pihaknya berkoordinasi dengan pihak RSUD Langsa untuk dilakukan pemeriksaan medis kepada yang bersangkutan.

“Hasilnya, beliau (kakek Legiman) tidak memiliki riwayat penyakit serius seperti TBC, Paru, demikian pula Covid-19, hasilnya negatif” ujarnya.

Dikesempatan itu Kepala Dinas Sosial Kota Langsa, menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut serta membantu kelancaran penanganan warga lansia terlantar.

Disebutkan, ini merupakan bagian dari optimalisasi program pelayanan PPKS (Pemeluk Pelayanan Kesejahteraan Sosial) lanjut usia Dinas Sosial yang mengusung motto “Layanan Bagah” (red- pelayanan cepat).

“Terima kasih kepada semua pihak yang turut serta membantu, sehingga penanganan lansia terlantar dapat teratasi dengan layak dan bermartabat” ujarnya.

Diterangkan Armia, Kakek Legiman berangkat ke Banda Aceh, dirinya langsung yang mengantar, didampingi Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial, Kamalul Rusdi.S.ST.Pi dan menggunakan transportasi mobil, milik Dinas Sosial Kota Langsa.

“Hari ini, kita hantar langsung ke Banda Aceh” tuturnya.

Turut hadir saat pelepasan, Direktur RSUD Kota Langsa, Dr.Helmy. Anggota DPRK Langsa fraksi PA, Rosmawati serta keluarga Kakek Legiman (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita