by

Disduk Capil Diminta Sempurnakan Pencatatan Adminduk dari Anak Anak hingga Dewasa

-Nanggroe-12 views

Disduk Capil Diminta Sempurnakan Pencatatan Adminduk dari Anak Anak hingga Dewasa

LANGSASATU COM,BANDA ACEH- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten Kota di Aceh, diminta melakukan penyempurnaan pencatatan Adminduk dan merealisasikan kepemilikan kelengkapan Administrasi Kependudukan bagi seluruh rakyat Aceh mulai anak anak hingga orang dewasa.

Hal itu disampaikan Sekda Aceh, Taqwallah, dalam sambutannya saat membuka Rakorda Dukcapil 2022 di Banda Aceh, Senin (28/3/22)

“NIK adalah andalan. Saat ini kebutuhannya adalah hal yang utama, terutama terkait dengan pemanfaatan layanan publik,” kata Sekda

Menutupi kata sambutannya, Taqwallah berpesan kepada para Kadisduk Capil Kabupaten/Kota di Aceh, untuk terus menyempurnakan teknologi dan jaringan, sehingga semua pencatatan dan pemilikan administrasi kependudukan dapat direalisasikan.

“Pastikan semua masyarakat Aceh terinput, baik yang lahir dan yang meninggal, semuanya harus tercatat,” pungkas Sekda.

Sementara itu, Kepala DRKA, Syarbaini, mengatakan, tujuan Rakorda digelar untuk menyamakan persepsi, sehingga semua masalah bisa diidentifikasi secara cepat dan perlu dikoordinasikan dengan berbagai pihak sebagai cara percepatan pencatatan dokumen Adminduk.

Disebutkan, tanggal 18 April 2022, ditargetkan semua Kabupaten/Kota di Aceh sudah menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) secara terpusat.

SIAK sebuah sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur dan memakai standarisasi khusus untuk menata sistem administrasi kependudukan sehingga tercapai tertib administrasi dibidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Kelebihan SIAK terpusat sambung Syarbaini, semua aktivitas data provinsi maupun kabupaten/kota dapat terpantau oleh pusat.

Selain itu penerbitan NIK pun langsung terintegrasi real-time sehingga meminimalkan kemungkinan terjadinya biodata ganda.

Selain itu, semua perubahan data dan pencetakan dokumen kependudukan langsung terintegrasi dengan semua kantor layanan seperti BPJS, perbankan dan kantor lainnya tanpa konsolidasi manual atau harus menunggu sampai 24 jam.

Demikian pula terkait Tanda tangan elektronik Kepala Dinas juga dapat langsung terintegrasi ke pusat, tidak lagi melalui server di kabupaten/kota sehingga proses data akan lebih cepat, pungkasnya (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *