by

Diskoperindag dan UKM Kota Langsa Buka Pendaftaran Program Bantuan Pelaku Usaha Mikro, Tahap II

-Langsa-85 views

Diskoperindag dan UKM Kota Langsa Buka Pendaftaran Program Bantuan Pelaku Usaha Mikro, Tahap II

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA-
Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk tahap II kembali dibuka oleh Dinas Koperindag dan UKM kota Langsa.

Plt. Kadis Koperindag dan UKM Kota Langsa, Syamsul Bahri SE, kepada LANGSASATU.COM, di ruang kerjanya Rabu, (14/10/2020) membenarkan, dibukanya kembali pendaftaran program BPUM.

Diterangkannya, hal itu sesuai dengan Surat Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 491/SM/X/2020 Tanggal 06 Oktober 2020 Perihal Perpanjangan Waktu Pendataan Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

“Jadwalnya pendaftaran tanggal 13 Oktober 2020 hingga 20 November 2020,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, hingga saat ini jumlah pendaftar terus meningkat. Pun demikian, pihaknya tetap menerima permohonan pendaftaran yang diajukan oleh pelaku usaha mikro itu hingga batas waktu telah ditetapkan.

Pihaknya belum dapat memastikan terkait jumlah kuota penerima BPUM Kota Langsa tahap II. Hal itu sambung Samsul ditentukan langsung oleh pihak Kementerian Koperasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI.

“Diskoperindag dan UKM Kota Langsa hanya menerima menerima serta melakukan verifikasi syarat dan kriteria calon penerima bantuan” paparnya.

Selanjutnya, proposal permohonan masyarakat pelaku UKM itu oleh pihaknya mengirimkan ke Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Aceh.

“Mereka (Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh) nantinya yang mengirimkan langsung ke Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Jakarta,” tutup Samsul Bahri

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, masyarakat Kota Langsa terutama pelaku usaha mikro terdampak Covid-19 berpeluang mendapat bantuan modal usaha dari pemerintah melalui Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

Bantuan berupa uang tunai yang disalurkan melalui Bank ditunjuk oleh pemerintah kepada penerima manfaat yang memenuhi persyaratan itu, diharapkan dapat meringankan dan membantu masyarakat pelaku usaha mikro terdampak Covid-19, dalam upaya meningkatkan usahanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita