by

Diskoperindag Kota Langsa Terima Ribuan Permohonan Bantuan Modal Usaha UKM

-Langsa-350 views

Diskoperindag Kota Langsa Terima Ribuan Permohonan Bantuan Modal Usaha UKM

Laporan :  Harja

LANGSASATU.COM, LANGSA – Sejak dibuka pendaftaran hingga penutupan, Senin (31/8/2020). Dinas Koperindag dan UKM Kota Langsa telah menerima ribuan permohonan bantuan modal usaha UKM terdampak Covid-19, yang diajukan oleh para Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pemerintahan Kota setempat.

“Permohonan yang masuk ke kita (Diskoperindagkop), jumlahnya lebih kurang 3.374 UKM,” kata Kadis Koperindagkop dan UKM Kota Langsa Drs Zulhadisyah.S.MSP pada LANGSASATU.COM.

Sesuai surat Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor : 44/M.KUKM/VII/2020, tanggal 27 Juli 2020 dan Surat Nomor : 367/SM/VIII/2020, tanggal 4 Agustus 2020. untuk mendapatkan modal usaha atau modal kerja, pemilik usaha mikro mengikuti pendaftaran yang di buka secara online di Dinas Koperindag masing Kabupaten/Kota.

Bantuan modal usaha tersebut diberikan terhadap UKM imbas dari Covid- 19 yang telah meluluhkan ekonomi masyarakat.

Ia menerangkan, seluruh data permohonan calon penerima bantuan yang masuk, oleh pihaknya akan didaftarkan langsung secara online ke Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (pusat).

Zulhadisyah juga mengatakan, ada sebahagian para pemohon bantuan atau pelaku usaha UKM datang ke pihaknya melakukan pendaftaran secara manual.

Diterangkan, setelah pelaku usaha UKM ini mengajukan permohonan, selanjutnya oleh pihaknya melakukan tahapan identifikasi data pemohon.

“Setelah itu, kita kirim ke Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui online” ujarnya lagi

Untuk UKM yang sudah mendaftar sambung Zulhadisyah, tinggal menunggu jika permohonan nantinya disetujui, akan diinformasikan via pesan SMS atau WA, serta akan dihubungi oleh pihak Bank ditunjuk.

Selanjutnya, penerima langsung dapat mendatangi pihak Bank yang ditunjuk untuk verifikasi data dan kelengkapan administrasi sesuai ketentuan.

Ia juga menekankan terkait program ini Dinas Koperindag Kota Langsa bukan pihak pengambil keputusan

“Diskoperindag Kota Langsa sebagai perpanjangan tangan saja, keputusannya di Kementerian Koperasi dan UKM pusat,” tutup Zulhadisyah. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita