by

DP3A Kota Langsa Sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap Anak, Ka UPTD PPA : Korban Jangan Takut Melapor, Kita Siap Mendampingi

-Langsa-56 views

DP3A Kota Langsa Sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap Anak, KA UPTD PPA : Korban Jangan Takut Melapor, Kita Siap Mendampingi

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM | LANGSA
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Langsa melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap Anak di Lingkungan Sekolah.

Kegiatan berlangsung selama 4 (Empat) hari berturut itu diikuti peserta ratusan pelajar, baik tingkat SLTA maupun SLTP di masing masing sekolah se Kota Langsa, diantaranya SMA Negeri 3 Langsa, SMP Alwashliyah Langsa, MAN 1 Langsa dan MUQ Langsa.

Selain itu, sosialisasi juga disertai kegiatan Puspaga (Pusat Pendidikan Keluarga) yang melibatkan Forum Anak Kota Langsa.

Didampingi Ka UPTD PPA Putri Nahrizah, PhD. Kepala DP3A Kota Langsa, Amrawati,SKM, MKM, Rabu (28/9) mengatakan, sosialisasi digelar didasari banyaknya terjadi kasus tindak kekerasan terhadap anak di Aceh, sehingga sudah menjadi tanggung jawab pihaknya memberi edukasi dan pemahaman, khususnya kepada para pelajar atau siswa/i, harapannya meminimalisir tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan, khususnya Kota Langsa.

Amrawati juga berharap kepada peserta sosialisasi untuk dapat fokus serta aktif mengikuti jalannya kegiatan.

Sementara itu, Kepala UPTD PPA Kota Langsa, Putri Nahrizah, PhD memaparkan tentang Peran dan Fungsi UPTD PPA.

Dijelaskan, UPTD PPA merupakan unit instansi yang bertugas khusus dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ia menegaskan, pihaknya juga akan memberi advokasi dan pendampingan, terutama terhadap para korban tindak kekerasan, baik fisik maupun seksual

“Kita siap melakukan pendampingan terhadap korban tindak kekerasan fisik maupun kekerasan seksual, seperti memfasilitasi korban, baik itu sisi hukum, medis, psikologis dan lainnya, dan semua ini ditangani oleh masing petugas berkompeten bidangnya” sebut Putri.

Dikesempatan itu, ia juga mengimbau terutama bagi masyarakat Kota Langsa dan khususnya korban tindak kekerasan untuk tidak takut melaporkan diri ke UPTD PPA Kota Langsa.

Putri menegaskan, pihaknya siap memberi perlindungan termasuk berupa ancaman dari pelaku kepada korban, demikian Putri Nahrizah, PhD (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.