by

Dua Parlok di Aceh, Ajukan Aktivasi Akun Sipol

-Nanggroe-18 views

Dua Parlok di Aceh, Ajukan Aktivasi Akun Sipol

LANGSASATU.COM, BANDA ACEH- Dua Partai politik lokal (Parlok) di Aceh mengajukan aktivasi akun sistem informasi partai politik (sipol).

“Dua partai politik lokal yang mengajukan aktivasi akun sipol yakni Partai Adil Sejahtera atau PAS dan Partai Sira,” Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri di Banda Aceh, Selasa, (28/6/22).

Disebutkan, sipol berisikan data tentang partai politik (Parpol) yang mencalonkan diri sebagai peserta pemilu legislatif pada 2024.

Terkait sipol, kata Syamsul Bahri, pihaknya dalam hal ini KIP Aceh, juga sudah mengundang partai politik lokal beserta administrator akun, mensosialisasikan aplikasi sipol

Disebabkan sambungnya pengisian data dalam aplikasi sipol merupakan keharusan bagi partai politik yang ingin menjadi peserta Pemilu 2024, Syamsul Bahri.

Sementara, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KIP Aceh, Munawarsyah mengatakan, partai politik lokal yang ingin menjadi peserta pemilu legislatif pada 2024, wajib mengisi data di aplikasi sipol.

Ia menyebutkan, data sipol menjadi acuan bagi pihaknya memeriksa kelengkapan partai.

“Seluruh dokumen disampaikan di sipol menjadi acuan untuk verifikasi administrasi partai politik lokal yang mendaftar sebagai peserta pemilu 2024,” ujarnya

Sipol diakses di web Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Sipol berisi data kepengurusan dan keanggotaan partai di berbagai tingkatan, baik tingkat pusat hingga kecamatan.

Pendaftaran dan pengisian data sipol termasuk partai politik lokal yang memiliki kursi di legislatif. Jika tidak, maka haknya sebagai peserta pemilu dinyatakan gugur, kata Munawarsyah.

Terkait pendaftaran partai politik lokal sambungnya lagi, KIP Aceh membuka posko pembantu atau “help desk”.

Posko tersebut bertujuan untuk membantu partai politik lokal yang mengalami kesulitan mengisi data di sipol.

Untuk diketahui, masa pendaftaran partai politik lokal peserta pemilu berlangsung sejak 1 hingga 14 Agustus 2022.(ant)

Fhoto : ilustrasi net

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.