by

Gandeng Instansi Terkait, Polisi Deteksi Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak Sapi di Langsa

-Langsa-10 views

Gandeng Instansi Terkait, Polisi Deteksi Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak Sapi di Langsa

LANGSASATU.COM, LANGSA- Pihak kepolisian Polres Langsa, melakukan deteksi dini Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak Sapi di Wilayah hukumnya.

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro,SH,SIK,MH melalui Kanit II Sat Reskrim Aipda Syah Mohd Hendra Rosi,SH, Rabu (11/5/22) mengatakan, pihaknya beserta Tim dari Balai Veteriner Medan, Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Langsa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemko Langsa serta instansi terkait lainnya, telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan.

Rosi menjelaskan, pihaknya juga melaksanakan langkah pencegahan, dengan cara memberi himbauan kepada masyarakat, khususnya pemilik ternak sapi dan Kerbau, agar tidak panik dan untuk sementara tidak melepas liarkan, hewan ternak miliknya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengambilan Sampel dari Balai Veteriner Medan, Drh. Sara, mengungkapkan, pihaknya turun ke Kota Langsa setelah adanya laporan dari pihak dinas terkait, tentang ditemukannya kelainan pada sejumlah ternak sapi milik warga di Kota Langsa.

Disebutkan, pengambilan sampel seperti kroping bekas luka, air liur, serum serta darah juga dilakukan, khususnya ternak sapi yang mengalami kelainan pada mulut maupun kuku tersebut.

Drh.Sara mengakui, sementara ini pihaknya belum dapat memastikan jenis atau penyakit diderita pada ternak sapi yang sudah diambil sampelnya, sebelum melalui proses uji lab terhadap sampel.

Hasil uji sampel sambung Sara, dapat diketahui berapa hari ke depannya, setelah dilakukan proses uji laboratorium di Balai Veteriner, Medan.

“Kita tidak bisa mengatakan sekarang, apakah sapi itu terjangkit PMK atau penyakit lainnya, nanti setelah uji lab baru bisa diketahui,” tuturnya Drh. Sara.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita