by

Gandeng KKP, Anggota DPR-RI, Muslim Gelar Pelatihan Petani Tambak Udang Vanname di Kota Langsa

-Langsa-45 views

Gandeng KKP, Anggota DPR-RI Muslim Gelar Pelatihan Petani Tambak Udang Vanname di Kota Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA, Anggota DPR-RI asal Aceh fraksi Demokrat, Muslim, SHI, MM gelar pelatihan dan Bimbingan Teknis Budidaya Tambak Udang Vanname, Senin (4/10)

Kegiatan turut menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tersebut dilaksanakan bertempat di aula Dinas Pangan, Pertanian Kelautan dan Perikanan, Kota Langsa.

Acara berlangsung selama dua berurut yaitu tanggal 4 s.d 5 Oktober 2021, diikuti sebanyak 100 peserta yakni para petani budidaya tambak udang Vanname dalam wilayah Pemerintahan Kota paling Timur Provinsi Aceh tersebut.

Dalam sambutannya, disampaikan secara virtual, Muslim mengatakan, Bimtek dan pelatihan budidaya udang vanname ini meningkatkan pengetahuan tentang budidaya udang vanname serta terhadap upaya peningkatan hasil panen khususnya sektor pertanian tambak di Aceh.

Anggota komisi IV DPR RI ini juga mengajak dan mengimbau peserta pelatihan untuk serius mengikuti jalannya bimtek, mulai dari awal hingga akhir kegiatan. Selain penyajian materi, peserta juga melaksanakan praktek langsung di lapangan

Bimtek sambung Muslim diselenggarakan menyahuti harapan petani udang vanname yang sering mengeluh mengalami gagal panen.

“Beranjak dari aspirasi warga petani tambak ini, kami memandang perlu dilaksanakan pembekalan dan pelatihan terutama bagi para petani tambak, terhadap upaya mendongkrak hasil panen pertanian tambak milik masyarakat, agar lebih maksimal di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pangan, Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Langsa, Banta Ahmad, S.St.Pi mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan bimtek oleh KKP bersama Anggota DPR RI, Muslim, SHI, MM bagi peserta pelatihan sejumlah para petani tambak di Kota Langsa.

“Semoga program ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan khususnya para petani tambak udang vanname, dalam upaya meningkatkan hasil panen dan mendongkrak perekonomian di masa pandemi Covid-19,” harapnya.

Dua Instruktur Bidang Budidaya dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3), Medan, Sumut yakni Banjar Lumban Gaol dan Herianto sebagai pemateri kegiatan Bimtek.

Sementara, untuk kegiatan praktek lapangan peserta juga dipandu oleh Pelatih dari BP3 Medan, dan turut didampingi oleh KKP serta petugas penyuluh perikanan, Kota Langsa.

Kegiatan turut dihadiri antara lain Kepala Dinas Pangan, Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Langsa, Banta Ahmad, S.St.Pi, Ketua DPC Partai Demokrat Langsa, Syahyuzar AK, staf DPR RI Musdian Gani.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita