by

Gempa Mematikan di Afghanistan, Tewaskan 1.000 Orang, 2.000 Bangunan Hancur Total

Gempa Mematikan di Afghanistan, Tewaskan 1.000 Orang, 2000 Bangunan Hancur Total

LANGSASATU.COM, KABUL- Gempa Bumi guncang Afghanistan, dilaporkan lebih kurang 1.000 orang meninggal dunia dan 2.000 unit bangunan hancur total.

Korban tewas dikarenakan tertimpa reruntuhan bangunan. Upaya pencarian korban selamat terus dilakukan pihak otoritas setempat meskipun ditengah kondisi keterbatasan peralatan mekanis.Jumlah korban jiwa diperkirakan masih akan terus bertambah

Seperti dilansir AFP, Kamis (23/6/2022), gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,1 menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) — menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) gempa ini berkekuatan M 5,9 — mengguncang area perbatasan terpencil Afghanistan pada Rabu (22/6) waktu setempat.

“Kami meyakini bahwa nyaris 2.000 rumah hancur,” ucap koordinator kemanusiaan PBB untuk Afghanistan, Ramiz Alakbarov, kepada wartawan setempat.

Memberikan penjelasan kepada wartawan di markas PBB di New York, Amerika Serikat (AS), via video-link dari Kabul, Alakbarov menyatakan jumlah orang yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa ini diperkirakan akan tinggi.

“Ukuran rata-rata sebuah keluarga Afghanistan adalah setidaknya tujuh, delapan orang,” sebut Alakbarov, sembari menekankan bahwa terkadang beberapa keluarga tinggal bersama dalam satu rumah.

Gempa mematikan tersebut mengguncang keras di area timur Afghanistan, di mana warganya telah menjalani kehidupan yang sulit di tengah bencana kemanusiaan yang diperburuk oleh pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada Agustus 2021 lalu.(dtc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita