by

Gubernur Aceh Serahkan Dana Hibah Partai Politik untuk 15 Parpol

-Nanggroe-63 views

Gubernur Aceh Serahkan Dana Hibah Partai Politik untuk 15 Parpol

LANGSASATU COM, BANDA ACEH- Sebanyak 15 Partai politik baik lokal maupun nasional yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menerima bantuan dana hibah Tahun Anggaran 2022 dari Pemerintah Aceh.

Penyerahan dilakukan oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah berlangsung di Meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa, (14/6/2022).

Total jumlah dana hibah dianggarkan Pemerintah Aceh, Tahun Anggaran 2022 yakni sebesar Rp.5,1 miliyar.

Usai prosesi penyerahan, dalam sambutannya Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, Pemerintah Aceh sangat mendukung proses pembangunan politik di Aceh. Salah satunya dengan cara pemberian dana bantuan partai politik yang memperoleh kursi di DPRA.

Disebutkan, pemberian dan penyaluran bantuan kepada parpol merupakan salah satu amanah konstitusi yang diatur pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 78 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

“Tujuan dari pemberian bantuan keuangan untuk partai politik adalah sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat partai politik,” ujar Nova.

Adapun pendidikan politik yang dimaksud disini sambung Nova, seperti, peningkatan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kemudian peningkatan partisipasi politik dan inisiatif masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa serta bernegara.

Gubernur Aceh berharap hubungan Pemerintah Aceh dan DPRA dapat terjalin dengan baik serta sinergitas.

Nova mengungkapkan, anggaran hibah untuk partai politik tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Dirinya berharap DPRA dapat memanfaat lex specialis yang dimiliki Aceh, sehingga memberikan ruang agar dana yang dianggarkan dapat lebih meningkat lagi, pungkasnya

Turut hadir di acara antara lain, Bupati Aceh Besar yang juga Ketua DPW PAN Aceh, Mawardi Ali, Wakil Ketua DPRA yang juga Sekjen DPD Partai Gerindra Aceh, Safaruddin, Ketua PDA, Ketua PKS Aceh, Ketua PPP Aceh, Ketua PDIP Aceh dan sejumlah elit partai politik lainnya di Aceh.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.