by

Gubernur Aceh Tabur Tanah Iskandar Muda dan Percik Air Masjid Raya di IKN

-Nanggroe-24 views

Gubernur Aceh Tabur Tanah Iskandar Muda dan Percik Air Masjid Raya di IKN

LANGSASATU.COM,BALIK PAPAN-
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, melakukan tabur tanah dan percik air di lokasi calon Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin, (14/3/22).

Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung prosesi kegiatan Kendi Nusantara yang juga diikuti para Gubernur se Indonesia.

Tanah dan air yang dibawa Gubernur Aceh bersumber dari Makam Sultan Iskandar Muda dan tanah Museum Aceh serta air dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Nova mengatakan, Pemerintah Aceh mengambil tanah dari komplek Museum Aceh yang menyimpan peninggalan masa Kesultanan Aceh Darussalam.

Kesultanan Aceh Darussalam terang gubernur, mengalami masa kejayaan ketika dipimpin Sultan Iskandar Muda atau Sultan Meukuta Alam pada 1607-1636 M.

Sementara, Air diambil dari Masjid Raya Baiturrahman, merupakan peninggalan Kerajaan Aceh yang menjadi simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat Aceh.

Disebut Nova, Masjid Baiturrahman tidak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan dan saksi kejayaan Kerajaan Aceh, tetapi juga pernah dijadikan markas pertahanan terhadap serangan para penjajah.

Tanah Makam Sultan Iskandar Muda, kata Nova, mencerminkan kekuatan perjuangan dan keteguhan.

Sementara, tanah Museum Aceh dan Air dari Masjid Raya Baiturrahman adalah dua bentuk kesadaran sejarah dan kekuatan ilahiah akan adanya keluhuran dan kepatuhan dalam beragama.

“Diharapkan tanah dan air yang dibawa dari Aceh ini dapat menjadi kekuatan perjuangan dan kekuatan agama agar pondasi pendirian IKN nantinya menjadi kuat,” ujarnya.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan rombongan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/22) kemarin.

Ia menghadiri undangan kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo ke Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama para gubernur se Indonesia yang digelar, Senin 14 Maret 2022.

Selain itu, Gubernur Aceh juga akan melaksanakan berbagai kegiatan sesuai jadwal Presiden.

Diantaranya, mengikuti pertemuan bersama tokoh adat di Kalimantan Timur mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis dan Jawa. Serta kegiatan Doa bersama. (*)

Sumber : website resmi Pemerintah Aceh

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita