by

Hari Pertama Idul Fitri, Ratusan Warga Ziarah Kuburan Massal Korban Tsunami

-Nanggroe-37 views

Hari Pertama Idul Fitri, Ratusan Warga Ziarah Kuburan Massal Korban Tsunami

LANGSASATU.COM, BANDA ACEH- Hari pertama hari raya Idul Fitri 1443 H, kuburan massal korban tsunami 26 Desember 2004 terletak di Gampong Sirom Aceh Besar dipadati ratusan warga berziarah, Senin (2/5/22).

Warga datang bersama keluarga setelah selesai melaksanakan sholat Ied. Dilokasi warga larut dalam doa serta membaca Alqur’an di balai balai yang tersedia di komplek pemakaman itu.

Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu merupakan bencana alam terbesar. Gelombang tsunami menyapu pesisir Aceh pasca gempa dangkal berkekuatan M 9,3 itu.

Gempa yang terjadi, bahkan disebut ahli sebagai gempa terbesar kelima yang pernah ada dalam sejarah.

Salah seorang warga Nurleli mengatakan, setiap hari raya Idul Fitri, dirinya bersama suami dan anak anak datang ke kuburan massal tersebut karena meyakini sebagai lokasi pemakaman mertuanya yang menjadi korban bencana tsunami.

Ziarah bersama keluarga ke kuburan massal korban tsunami menurutnya juga sebagai media pengingat atau pembelajaran terutama kepada generasi muda, bahwa Aceh pernah dilanda gempa kuat yang disertai tsunami dengan ketinggian air belasan meter, dan banyak menelan korban jiwa, pungkanya. (ant)

fhoto : antara.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita