by

IKA Sampaikan Petisi, Ini Harapan Alumni Terkait Pemilihan Rektor Unsam, Langsa

-Langsa-53 views

IKA Sampaikan Petisi, Ini Harapan Alumni Terkait Pemilihan Rektor Unsam, Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Pemilihan Rektor Universitas Samudra, periode 2021-2025 menjadi perhatian berbagai komponen sosial masyarakat di Kota Langsa, Sabtu (5/6/2021)

Berharap proses pemilihan Rektor berlangsung transparan, menjunjung tinggi kejujuran serta berpedoman pada peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Selain itu, Rektor Unsam terpilih nantinya juga diharapkan selain kompeten serta mampu membangun sinergitas dengan semua pihak dan dapat menjadikan Unsam sebagai Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan Ilmu Pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.

Sementara itu Ikatan Alumni (IKA) sampaikan Surat Petisi kepada Rektor Unsam, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd

Surat Petisi yang memuat 4 (Empat) poin itu ditandatangani langsung oleh Ketua IKA Unsam, Usman Abdullah,SE dan Sekretaris, Syahrul Atan SH,MH.

Adapun poin petisi itu antara lain :

1. Menghimbau kepada Rektor Universitas Samudra dan Pemilihan Panitia Seleksi Pemilihan Rektor Universitas periode 2021-2025 agar menjalankan mekanisme pemilihan calon rektor universitas sesuai ketentuan berlaku.

2. Meminta Rektor Universitas Samudra untuk berlaku netral dan tidak melakukan hal-hal tertentu yang diduga bertujuan memenangkan salah satu kandidat calon rektor universitas samudra periode 2021-2025.

3. Meminta agar dilibatkan pengawas eksternal independen untuk mengawasi setiap tahapan pemilihan calon rektor universitas samudra.

4. Kami alumni Universitas Samudra akan terus mengawal dan memantau jalannya semua tahapan pemilihan calon rektor universitas samudra periode 2021-2025 sampai dengan terpilihnya rektor universitas samudra definitif.

Dalam kesempatan itu, Ketua IKA Fakultas Hukum (FH), Muslim Agani,SH,MH yang juga merupakan salahsatu advocat senior di Kota Langsa menyebutkan selaku alumni meminta pemilihan rektor universitas samudra harus dilakukan secara independen.

Senada juga disampaikan Ketua IKAFES, Firman Dandy,SE,MSi menyebutkan pemilihan rektor harus dilakukan secara jujur, netral dan tidak mengambil tindakan untuk kemenangan salah satu calon tertentu.

Sementara Wakil Ketua Alumni Fakultas Pertanian, Ir Nurdin MCH mengatakan, alumni tidak punya kepentingan pemilihan calon rektor, namun merasa terpanggil dan mengikuti dinamika tahapan pemilihan Rektor, berharap Panitia Pemilihan bisa adil, jujur dalam proses pemilihan. Dan siapa pun yang terpilih demi kebaikan Unsam kedepannya.

Sedangkan, alumni Fak FKIP, Ngatiman.T,S.Pd, mengatakan ada 5 calon merupakan putra terbaik bagi Universitas Samudra, jika proses itu berjalan baik, maka hasil akhirnya selamanya akan baik

Sementara itu menangapi petisi yang disampaikan Ikatan Alumni (IKA), Rektor Universitas Samudra, Dr Bahtiar Akop,M.Pd pada wartawan mengatakan, proses pemilihan Rektor akan berlangsung transparan, jurdil serta berpedoman kepada peraturan.

Ditegaskan, dirinya tidak akan mencampuri kegiatan panitia pemilihan.

Dan semua pihak diharapkan secara bersama dapat memantau proses atau tahapan pemilihan.

Ia berharap siapapun yang terpilih nantinya kiranya dapat didukung, semata untuk kemajuan Perguruan Tinggi kebanggaan masyarakat Aceh dan Kota Langsa khususnya, imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Lima kandidat bakal calon Rektor Universitas Samudra, periode 2021-2025 dinyatakan penuhi syarat, tahapan seleksi administrasi.

Pengumuman tentang Hasil Seleksi Administrasi Bakal Calon Rektor Universitas Samudera Periode 2021-2025. bernomor : 10/PAN-PILREK-UNSAM/V/2021 tanggal 20 Mai 2021 itu ditandatangani Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor yaitu Dr.Bukhari, S.Pd, M.Pd dan Sekretaris Syamsul Bahri, SP, MP serta masing-masing anggota diantaranya, Dr.Fuadi, SH.MH. Zainal Arif, ST.MT. Muhammad Rizqi Zati, S.Pd.M.Si

Kelima kandidat dinyatakan memenuhi syarat administrasi itu yakni, Dr.Ir.Hamdani, MT. Perguruan Tinggi (PT) asal Universitas Syiah Kuala.

Dr. Asnawi S.Pd.M.Pd dan Dr.Nurlina, SE,M.Si, keduanya Perguruan Tinggi (PT) asal Universitas Samudra.

Selanjutnya, Dr. Saiman.M.Pd, Dr.Saiman M.Pd, Dr.Muhammad Nasir SH, MH keduanya juga Perguruan Tinggi asal Universitas Samudra.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita