by

Ini Sanksi Diterima Jika Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Menurut Perwal Kota Langsa Nomor 31/2020

-Langsa-68 views

Ini Sanksi Diterima Jika Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Menurut Perwal Kota Langsa Nomor 31/2020

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Pemerintah Kota Langsa akhirnya menerbitkan Peraturan Wali Kota nomor 31 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Perwal ini akan menjadi salahsatu payung hukum terutama terhadap penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, khususnya diwilayah Pemko Langsa.

Perwal yang ditandatangani oleh Wali Kota Langsa Tgk Usman Abdullah tersebut terdiri dari 8 (Delapan) Bab dan 11 Pasal.

Pada Bab V Pasal 7 Perwal Kota Langsa itu menyatakan tentang sanksi yaitu :

(1).Bagi perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang melanggar kewajiban sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 dikenakan sanksi.

(2).Sanksi pelanggaran penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa

a. Bagi perseorangan :

1. Teguran lisan atau teguran tertulis, 2. Kerja sosial (membersihkan fasilitas umum atau area publik) minimal 30 menit atau, 3. Denda administratif sebesar Rp.50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah) dan atau kerja sosial (membersihkan fasilitas umum atau area publik) minimal 60 menit.

b. Bagi pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

1.Teguran lisan atau teguran tertulis untuk pelanggaran pertama, 2.Penghentian sementara operasional usaha selama 3 (Tiga) hari atau denda administratif untuk pelanggaran kedua dengan besaran denda sebesar Rp. 100.000 (Seratus Ribu Rupiah), 3.Penghentian sementara operasional usaha selama 7 (Tujuh) hari atau denda administratif untuk pelanggaran ketiga dengan besaran denda sebesar Rp.100.000 (Seratus Ribu Rupiah) dan 4.Pencabutan izin usaha untuk pelanggaran yang keempat.

Pelanggaran administratif tersebut dibayar secara tunai. Perwal ini berlaku mulai 15 September 2020.  (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita