by

Jaksa Masuk Sekolah : “ITE Bijak, Jaga Jarimu”

-Langsa-31 views

Jaksa Masuk Sekolah : “ITE Bijak, Jaga Jarimu”

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Langsa bidang Intelijen, Selasa (15/3/22) melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum melalui program “Jaksa Masuk Sekolah” di MTsN I Langsa.

Mengusung tema “ITE Bijak, Jaga Jarimu” kegiatan berlangsung di Musholla sekolah setempat, diikuti sebanyak 50 peserta, perwakilan siswa/i MTsN dan MTsS se-Kota Langsa.

Selain peserta, Dewan Guru, turut juga hadir Kajari Langsa diwakili Kepala Seksi Intelijen Syahril,SH.MH.

Narasumber, Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Langsa, Irfan Yulianto Hamzah,SH menyampaikan materi tentang Asas hukum ITE, Manfaat ITE, Perbuatan yang dilarang dalam penggunaan ITE dan Ketentuan Pidana yang akan diterima, jika melanggar Undang-undang ITE yaitu Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Adapun beberapa perbuatan yang dilarang dalam Undang-undang ITE papar Irfan Yulianto seperti menyebarkan informasi elektronik yang berkaitan dengan asusila, perjudian, penghinaan,pencemaran nama baik, pemerasan, dan pengancaman.

Sementara itu, narasumber lainnya dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Langsa, Rahmad Juliandi Siregar, ST, membahas tentang “ITE”.

Dalam penjabarannya, Rahmad Juliandi menjelaskan pengertian ITE, Cyber Crime (Kejahatan di Dunia Maya) memiliki pengertian “Tindakan ilegal yang dilakukan pelaku kejahatan menggunakan teknologi komputer dan jaringan internet untuk menyerang sistem informasi korban”. Selain itu, Ia juga memaparkan tentang jenis Cyber Crime dan bagaimana cara menghindarinya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah MTsN 1 Langsa, Hj. Cut Nurlisma,S.Pd dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi pihaknya kepada Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejari Langsa.

Menurutnya, penyuluhan hukum dan materi yang disampaikan oleh narasumber, baik dari Kejari dan Dinas Komunikasi Informatika Kota Langsa, menjadi edukasi terutama bagi para siswa/i dan dewan guru untuk lebih cerdas serta bijak dalam bermedsos, pungkasnya.

Rangkaian Penyuluhan hukum program “Jaksa Masuk Sekolah” ditutup dengan kegiatan tanya jawab antara peserta dan pemateri. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.