by

Jaksa Masuk Sekolah, Kejari Langsa Sosialisasi tentang Perlindungan Anak

-Langsa-80 views

Jaksa Masuk Sekolah, Kejari Langsa Sosialisasi tentang Perlindungan Anak

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU COM, LANGSA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Langsa melaksanakan kegiatan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMP Negeri 8 Langsa, Selasa (8/3/22).

Mengusung tema “Anak Dilindungi, Masa Depan Terjamin”. Kegiatan digelar di aula pertemuan sekolah setempat, diikuti oleh peserta sebanyak 50 Siswa/i perwakilan masing kelas.

Narasumber, Irfan Yulianto Hamzah, S.H, Jaksa Fungsional Kejari Langsa, memaparkan materi tentang batasan umur anak, dimana disebutkan, “Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (Delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan”.

Irfan juga turut mengulas tentang bagaimana memperlakukan anak dengan baik dan sistem peradilan bagi anak yang terjerat perkara yang dijabarkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Sementara, narasumber lainnya Putri Nahrisah, SKM, M. Comm Health SC, Ph.D, dari UPTD PPA Kota Langsa, memaparkan materi tentang, peran dan fungsi lembaga PPA, seperti “Apa Itu PPA, Apa Itu Kekerasan Pada Anak?”.

Disebutkan, pengertian PPA yaitu Unit Pelaksana Teknis Daerah yang dibentuk Pemerintah Daerah, dalam memberikan layanan bagi Perempuan dan anak yang mengalami Kekerasan, Diskriminasi, Perlindungan Khusus dan masalah lainnya.

Putri juga turut menjelaskan pengertian kekerasan, bentuk-bentuk kekerasan dan juga bentuk perlindungan pada anak.

Kegiatan yang juga turut dihadiri Kajari Langsa Viva Hari Rustaman ,SH,MH diwakili Kepala Seksi Intelijen, Syahril SH MH, ditutup seson tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 8 Langsa, Elvinawati S.Pd dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut positif dan apresiasi program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang dilaksanakan Kejari Langsa.

Menurutnya, melalui program mulia ini terutama peserta didik serta dewan guru memperoleh pemahaman tentang hukum, pungkasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.