by

Jelang MTQ ke-35 Provinsi Aceh di Bener Meriah, 160 Peserta Ikut TC Tingkat Kota Langsa

Jelang MTQ ke-35 Provinsi Aceh di Bener Meriah, 160 Peserta Ikut TC Tingkat Kota Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Sebanyak 160 peserta mengikuti Training Centre (TC) tahap I Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Pemerintahan Kota Langsa.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa, H. Aji Usmanuddin M.A dalam laporannya saat pembukaan kegiatan di Masjid Raya Darul Falah, Pemko setempat, Sabtu (25/9/)

Aji menerangkan, peserta TC merupakan utusan dari seluruh kecamatan dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa.

“TC akan berlangsung sejak tanggal 25 s.d 26 September 2021” ujarnya.

Selain di Masjid Agung Darul Falah, kegiatan digelar disejumlah titik lokasi diantaranya, Mushalla dan Aula Sekdako Langsa serta Aula Walikota Langsa.

Adapun cabang TC diperlombakan sambung Aji antara lain Tilawah, Qiraat Sabah, Tahfiz 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Tafsir, Fahmil, Khattil serta cabang Musabaqah Makalah Qur’an (MMQ).

“Nantinya para peserta dari hasil seleksi tahap I ini, akan dilanjutkan pada TC tahap II, dimana dari masing cabang berjumlah satu orang peserta,” papar Aji Asmanuddin.

Dijelaskan, Anggaran TC tahap I dibebankan pada APBK Kota Langsa dari pos Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa.

Sementara, Kepala Bidang Dakwah dan Peribadatan Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa, Fauzaruddin, SPd.I pada LANGSASATU COM mengatakan, untuk menjaga netralitas, panitia TC mengundang 5 (Lima) orang Tim Penguji pada cabang-cabang tertentu.

Tim Penguji tersebut sambung Fauzan yaitu dari LPTQ Provinsi Aceh dan satu dari Provinsi  Sumatera Utara.

Ia menambahkan, para Dewan Hakim tersebut yang akan memberikan penilaian berdasarkan standar penilaian untuk tiap-tiap peserta yang nantinya akan menjadi perwakilan kafilah Kota Langsa pada even MTQ tingkat Provinsi Aceh, yang berlangsung pada Maret 2022 di Benar Meriah, pungkasnya.

Acara turut dihadiri Walikota Langsa diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Ali Mustafah,SE juga secara resmi membuka kegiatan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita