by

Juli 2020, PT. Pekola Eksport 10 Ribu Ton Cangkang Kelapa Sawit ke Jepang Via Pelabuhan Kuala Langsa

-Langsa-329 views

Juli 2020, PT. Pekola Eksport 10 Ribu Ton Cangkang Kelapa Sawit ke Jepang Via Pelabuhan Kuala Langsa

LANGSASATU.COM, LANGSA : PT. Pekola Langsa exsport  sebanyak 10.000 ton cangkang sawit ke negara Jepang.

Hal itu disampaikan Iswantara, Direktur Pengembangan Usaha PT Pekola Langsa saat Coffe Morning bersama sejumlah OKP, Perwakilan Mahasiswa dan wartawan di Aula Pertemuan Taman Hutan Kota, Gampong Paya Bujok Seuleumak Kecamatan Langsa Baro, Pemko setempat, Sabtu (4/7/2020)

“Insya Allah,  Juli tahun ini sebanyak 10.000 ton cangkang sawit siap kita kirim ke negara Jepang via Pelabuhan Kuala Langsa” ujarnya.

Program atau rencana PT.Pekola tahun 2020 tentang Ekspor dan Impor yaitu pelaksanaan ekspor cangkang kelapa sawit melalui Pelabuhan Kuala Langsa.

Mempersiapkan pendirian Perusahaan Bongkar Muat (PBM) di Pelabuhan Kuala Langsa. Juga mempersiapkan pendirian lokasi Pusat Logistik Berikat (PKB)

Serta mengupayakan kegiatan ekspor melalui pelabuhan Kuala Langsa untuk komoditi seperti Ikan,Kayu Manis, Biji Pinang serta komoditi hasil bumi lainnya.

Terkait ekspor cangkang kelapa sawit, Iswantara mengatakan PT Pekola telah melakukan kesepakatan dengan para pengusaha dari negara Jepang yakni eksport sebanyak 10.000 ton cangkang kelapa sawit pengirimannya melalui pelabuhan Kuala Langsa ke negeri Sakura tersebut.

“Alhamdulillah, dari target 10.000 ton, saat ini sudah terkepul cangkang kelapa sawit sebanyak 13.000 ton” ujarnya.

Ia juga mengatakan, terhadap aktifitas eksport tersebut, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan, salahsatu diantaranya yaitu PT.Sulta Mediomas.

Disinggung, menggandeng lembaga Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Langsa terhadap kegiatan eksport.

“Hal itu tidak tertutup kemungkinan,” ujarnya

Didampingi Dirut Utama PT Pekola, Muhammad Zufri dan M.Nur  Direktur Keuangan, Iswantara menambahkan, segala pembiayaan yang ditimbulkan dari aktifitas ekspor itu keseluruhannya ditanggung sepenuhnya oleh pengusaha Jepang.

“Kita (PT.Pekola) setiap pemuatan terhadap ekspor cangkang kelapa sawit menerima royalti sebesar 5 %  dari nilai transaksi” ujarnya

PT. Pekola targetkan 4 (Empat) kali eksport pertahun. Namun melihat animo dan dukungan dilapangan, kata Iswantara pihaknya optimis mampu melampau target yang telah disepakati.

” Insya Allah, kita (PT.Pekola) optimis melakukan 5 (Lima) kali eksport per tahun” ujarnya.

Untuk kelancaran dan suksesnya kerjasama eksport cangkang Kelapa Sawit ke negara Jepang itu, pihaknya sangat berharap dukungan dari segenap lapisan masyarakat Kota Langsa.

‘Kami menyadari, dukungan masyarakat Kota Langsa juga sangat menentukan sukses tidaknya kerjasama ini,oleh karenanya dukungan dari masyarakat sangat kami harapkan” ujarnya.

Iswantara menegaskan pihaknya dalam hal ini manajemen PT.Pekola akan melakukan keliling seluruh Aceh untuk mengepul sejumlah hasil komoditi alam guna memenuhi permintaan pasar.

Karena sejumlah pengusaha seperti dari negara Malaysia,Thailand Jepang dan beberapa negara Asia lainnya telah lakukan jalinan komunikasi dengan pihak PT. Pekola

“Insya Allah, kita coba untuk mengakomodir permintaan pasar tersebut” pungkas Iswantara optimis.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita