by

Kejari Langsa Launching Rumah Restorative Justice

-Langsa-55 views

Kejari Langsa Launching Rumah Restorative Justice

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU COM, LANGSA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Langsa, Rabu (30/3/22) launching Rumah Restorative Justice (RJ) di Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Langsa Viva Hari Rustaman, SH menyampaikan, Restorative Justice merupakan suatu pendekatan yang lebih menitikberatkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri.

Ia menyebutkan, Mekanisme dan peradilan pidana yang berfokus pada pemidanaan, diubah menjadi proses dialog dan mediasi untuk menciptakan kesepakatan atas penyelesaian perkara pidana yang lebih adil dan seimbang bagi pihak korban dan pelaku.

Diharapkan dengan adanya Rumah Restorative Justice dapat menghadirkan rasa keadilan kepada masyarakat sehingga hukum dapat hadir didalam masyarakat yang bertujuan melindungi dan mengayomi.

“Dengan diresmikannya Rumah Restorative Justice, Saya berharap pelanggaran di Kota Langsa semakin sedikit, kehadiran Rumah Restorative Justice adalah sebagai jawaban untuk keresahan publik terkait isu miring yang menyebutkan penegak hukum, yang kini semakin tumpul ke atas tajam
kebawah.” ujarnya.

Sebelumnya Walikota Langsa Tgk Usman Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Langsa mengapresiasi Pencanangan Rumah Restorative Justice di wilayah Pemko  Langsa.

Dikatakan, Restorative Justice ini sebetulnya bukan merupakan hal baru, dalam praktek sosial masyarakat di Aceh.

Lanjutnya, para Indatu kita sejak dulu mengajarkan, agar dalam proses penyelesaian suatu permasalahan (kasus) dilakukan secara musyawarah serta melibatkan semua pihak, terutama korban dan keluarganya, pelaku dan keluarganya, dan para tetua gampong sebagai perwakilan masyarakat.

Proses itu sambung Walikota akrab disapa Tokee Seum ini, dinamakan peradilan adat gampong, berlangsung secara terbuka dan fair, kegiatan juga digelar di meunasah.

Walikota menambahkan, semua itu ditempuh untuk mencari solusi yang bisa memulihkan kerugian korban, sekaligus menjaga agar hubungan antara pelaku dan korban kembali terbina dengan baik pasca kejadian.

“Nilai-nilai dasar dan mekanisme penyelesaian masalah seperti inilah yang dinamakan Restorative Justice” sebut Walikota Langsa.

Rangkaian kegiatan launching diwarnai pembukaan tirai selubung Rumah Restoratif Justice, dilakukan oleh Kajari bersama Walikota Langsa, diiringi lantunan selawat badar.

Hadir dikegiatan Launching Rumah Restirative Justice antara lain Forkopimda Kota Langsa, Kepala Dinas DPMG Kota Langsa, Al Azmi,SSTP. Kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa, Aji Asmanuddin S Ag.MA. Kepala Inspektorat Kota Langsa, Syahrial,SE.

Para Camat di Lingkungan Pemerintah Kota Langsa. Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kota Langsa. Para Geuchik, Tuha Peut dan Imum Mukim dalam wilayah Pemko Langsa (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita