by

KIP Kota Langsa Luncurkan Tahapan Pemilu 2024, Ini Jadwalnya

-Langsa-96 views

KIP Kota Langsa Luncurkan Tahapan Pemilu 2024, Ini Jadwalnya

LANGSASATU.CON, LANGSA– Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa mengikuti peluncuran tahapan Pemilu 2024 Pemilihan Umum (KPU) RI di Kantor Sekretariat KIP Jalan Perumnas Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh, Selasa (14/6/2022) malam.

Peluncuran tahapan Pemilu diikuti secara daring dan resmi dibuka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari dari Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat.

Turut hadir, Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, Ketua DPRK Langsa, Unsur Forkopimda, seluruh Komisioner KIP Langsa, Panwaslih Kota Langsa dan sejumlah perwakilan Partai politik.

Ketua KIP Kota Langsa, Faisal, SH dalam sambutannya mengatakan, tahapan pemilu 2024 serentak dilaksanakan seluruh Indonesia.

Faisal mengungkapkan, terhadap kebutuhan anggaran. Pihaknya berharap perhatian serta dukungan dari pemerintah daerah, diantaranya terkait anggaran verifikasi partai politik lokal (Parlok) yang tidak terakomodir di APBN. Sementara, untuk partai politik nasional kata Faisal, dianggarkan di APBN.

Dikesempatan itu, KIP Kota Langsa juga meminta masyarakat dapat menjadi kontrol sosial, memberikan kritik dan saran terutama pelaksanaan pemilu, guna tercipta Pemilu 2024 yang Jurdil dan damai, pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid, dalam sambutannya menyatakan, atas nama pemerintah kota Langsa, dirinya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kerja keras KIP Kota Langsa, atas terselenggaranya peluncuran tahapan pemilu 2024.

Pihaknya berharap, seluruh rangkaian tahapan dapat berjalan sesuai yang telah ditetapkan serta berlangsung lancar, aman dan damai.

Terkait anggaran, Wakil Wali Kota Langsa menegaskan, Pemerintah Kota akan terus mendukung dan memfasilitasi KIP Langsa disetiap tahapan yang sudah berlangsung dan akan datang.

Meskipun pada bulan Agustus tahun ini, pemerintahannya berakhir melaksanakan tugas. Namun dirinya meyakini Pemerintah Kota Langsa dibawah kepemimpinan Penjabat sementara (Pj) akan melanjutkan proses tersebut.

Pihaknya sambung Marzuki Hamid akan menyampaikan usulan tersebut, sesuai ketentuan dan Undang-undang, agar dapat dianggarkan di APBK Langsa, pungkasnya.

Disela kegiatan peluncuran, tahapan Pemilu 2024, Sekretaris KIP Kota Langsa, H Muhammad Dahlan, S.Sos.I mengatakan, Peluncuran tahapan Pemilu sudah dipersiapkan KPU dan diatur melalui Peraturan KPU atau PKPU serta sudah diundangkan oleh pemerintah dan DPR.

Dan juga tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan, Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024. Serta PKPU Nomor 3 Tahun 2022  tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024, dimana tahapan sudah dapat dilaksanakan.

Selanjutnya, KIP/KPU merancang perencanaan program dan anggaran serta penyusunan Peraturan Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemilu.

Kemudian, sambung Dahlan, pada tanggal 14 Oktober 2022 hingga 21 Juni 2023 KPU akan melakukan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.

Pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu akan dibuka pada 29 Juli 2022 hingga 13 Desember 2022. Kemudian, KPU akan menetapkan peserta Pemilu pada 14 Desember 2022.

Jadwal penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan Jumat, 14 Oktober 2022 hingga 9 Februari 2023. KPU memiliki durasi 119 hari untuk merampungkan tugasnya dalam tahapan ini.

Selanjutnya, KPU akan membuka pendaftaran bagi calon Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. KPU membuat jadwal terpisah antara ketiganya, yakni Anggota DPD: 6 Desember 2022 – 25 November 2023. Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota: 24 April 2023 – 25 November 2023. Presiden dan Wakil Presiden: 19 Oktober 2023 – 25 November 2023

Sedangkan, masa Kampanye Pemilu 2024 selama 75 hari dimulai sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

KPU lalu memberikan masa tenang pada 11 Februari 2024 hingga 13 Februari 2024. Selama masa tenang, kegiatan kampanye dilarang untuk dilakukan.

Tiba pada hari pemungutan suara yaitu 14 Februari 2024, dilanjutkan pada penghitungan saat TPS ditutup di hari yang sama. Penghitungan suara ini dilakukan selama lebih kurang 2 hari hingga 15 Februari 2024.

Rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan pada 15 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024. Selama 35 hari tersebut, KPU akan merinci dan mengumumkan suara sah hasil Pemilu 2024.

Sebagai catatan, penetapan hasil Pemilu jika tidak ada sengketa hasil paling lambat dilakukan 3 hari setelah pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Namun jika ada, maka paling lambat 3 hari setelah putusan MK.

Terakhir, pengucapan sumpah/janji Presiden dan wakil presiden serta Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan terpisah.

Untuk DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing Anggota DPRD setempat.

Untuk DPR dan DPD dilakukan pada 1 Oktober 2024 dan terhadap presiden dan wakil presiden dilaksanakan pada 20 Oktober 2024, tutupnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.