by

KPU Jadwalkan Rekrutmen PPK dan PPS pada Oktober 2022

-Nanggroe-34 views

KPU Jadwalkan Rekrutmen PPK dan PPS pada Oktober 2022

LANGSASATU.COM, BANDA ACEH- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, menjadwalkan rekrutmen penyelenggara Pemilu, anggota lembaga ad hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Oktober 2022 mendatang.

Selanjutnya, proses rekrutmen hingga pelatihan berlangsung selama 3 (Tiga) bulan.

Hal itu disampaikan oleh Anggota KPU RI, Idham Holik di Banda Aceh, Rabu (29/6/22)

PPK dan PPS merupakan lembaga ad hoc penyelenggara pemilu. Dimana, PPK bertugas di tingkat kecamatan dan PPS pelaksana di tingkat Desa atau Gampong.

Untuk jumlah personal, PPK beranggotakan sebanyak 5 (Lima) orang. Sedangkan PPS sebanyak 3 (Tiga) orang.

Dikatakan, PPK dan PPS yang direkrut tersebut, diharapkan sudah dapat bekerja pada pertengahan Januari 2023.

Apalagi saat itu tahapan pemilu sudah memasuki pemutakhiran data pemilih sementara.Dimans merupakan salah satu tahan krusial.

KPU sebagai penyelenggara pemilu tidak menginginkan ada masyarakat kehilangan hak pilihnya pada Pemilu 2024, kata Idham Holik.

Mengenai teknis rekrutmen PPK dan PPS. Ia mengatakan, pihaknya akan menyampaikan ke seluruh jajaran KPU atau KIP di Aceh, baik Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi KIP Provinsi dan Kabupaten/Kota di Aceh, terkait pembentukan lembaga ad hoc, maupun persoalan lainnya yang dihadapi dalam pelaksanaan tahapan pemilu di daerah, tutup Idham Holik.(ant)

fhoto : gedung KPU RI (doc voi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita