by

Lagi, Dua Petugas Puskesmas Langsa Kota Dinyatakan Negatif Corona 

-Langsa-28 views

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU. COM  LANGSA : Dua petugas Puskesmas Langsa Kota, dinyatakan negatif Covid-19.

Hal itu diketahui, setelah terhadap keduanya dilakukan pemeriksaan menggunakan alat rapid tes.

Kedua petugas itu merupakan bagian dari 40 petugas puskesmas Langsa Kota, dimana sebelumnya 38 petugas telah dilakukan pemeriksaan dan hasilnya dinyatakan negatif.

“Kedua petugas ini yang dijadwal ulang pemeriksaan, dikarenakan tidak sempat lakukan pemeriksaan bersama 38 petugas lainnya, Selasa (28/4/2020) lalu” kata Kepala Puskesmas Langsa Kota dr. Akbar pada ACEHSATU.COM, Jum’at (1/5/2020)

Hasil tersebut otomatis membuat 40 pahlawan medis Kota Langsa yang bertugas di puskesmas Langsa Kota itu seluruhnya dinyatakan negatif Covid-19.

“Alhamdulillah, hasil rapid tes, 40 petugas dinyatakan negatif” kata dr Akbar.

Ia juga menyampaikan sesuai protokol kesehatan, petugas tersebut tetap jalani masa karantina selama 40 hari.

Ketika proses karantina, tidak ditemukan gejala dan hasil rapid tes negatif, barulah dapat dinyatakan sehat, ujarnya.

Seperti diberitakan ACEHSATU.COM sebelumnya, 40 petugas medis di Puskesmas Langsa Kota menjalani peneriksaan gunakan alat rapid tes dan karantina di rumah mereka, pasca adanya dua warga asal Aceh Tamiang (Atam) positif covid-19 datang ke puskesmas tersebut.

Dua warga Aceh Tamiang itu diketahui positif Covid-19 setelah diperiksa menggunakan rapid test oleh pihak berwenang Aceh Tamiang, sehari setelah mereka datang ke Puskesmas Langsa kota

Informasi dihimpun dilapangan, berawal pada Rabu (22/04/2020) itu sekitar pukul 18.00 WIB, kedua warga Aceh Tamiang yang dinyatakan positif covid-19 ini menemenai ibunya datang ke Puskesmas Langsa Kota.

Pasalnya BPJS Kesehatan milik ibunya berinisial J berada di Langsa Kota, karena sebelumnya mereka pernah tinggal di daerah Langsa, tapi sudah lama pindah ke Aceh Tamiang.

Selanjutnya, setelah diketahui adanya dua warga Aceh Tamiang positif Covid-19 ada datang ke puskesmas itu, maka sesuai standar operasional (SOP) dan menghindari hal tak diinginkan, maka semua petugas Puskesmas Langsa Kota dikarantinakan

Semua petugas Puskesmas Langsa Kota sekitar 40 orang terpaksa dikarantina selama 14 hari, hingga nantinya dinyatakan negatif Covid-19.

Kadiskes Kota Langsa, dr Herman, mengatakan, ke 40 petugas Puskesmas Langsa Kota yang berada di puskesmas pada saat kedatangan warga asal Aceh Tamiang positif covid-19 hasil pengecekan rapid tes disana.

Sesuai SOP kesehatan semuanya mereka sudah dikarantina di rumahnya masing-masing, dan karantina ini berlangsung hingga 14 hari ke depan.

Dijelaskannya bahwa yang bersangkutan saat mereka datang ke puskesmas, posisi keduanya belum diketahui positif covid-19, karena belum diperiksa oleh petugas di Aceh Tamiang.

“Lalu esoknya atau Kamis (23/04/2020) setelah mereka diperiksa dengan rapid test di Aceh Tamiang, barulah diketahui keduanya itu positif covid-19,” imbuhnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita