by

Lestarikan Kesenian Tradisional Aceh, SIP Launching Sanggar Tari Seudati di Kota Langsa

-Langsa-149 views

Lestarikan Kesenian Tradisional Aceh, SIP Launching Sanggar Tari Seudati di Kota Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASASATU.COM, LANGSA- Dewan Pembina Pusat Sahabat Ilham Pangestu (DPP SIP) launching Sanggar Tari Seudati SIP di Kota Langsa.

Hal itu sekaligus ditandai dengan dilakukannya penyerahan seragam latihan para penari seudati oleh Ketua DPP SIP Halid,ST dan diterima langsung Syech Rais dan Syech Ismuda pimpinan Sanggar Tari Seudati SIP Kota Langsa, Selasa (23/21) bertempat di Halaman Kantor Keuchik Gampong Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota.

Sanggar Kesenian Tari Tradisional Aceh Seudati SIP Kota Langsa merupakan binaan Ilham Pangestu, anggota DPR-RI asal Aceh dari Partai Golkar.

Menyampaikan kata sambutannya, Ketua DPP SIP, Halid,ST mengatakan, Tarian Seudati merupakan kesenian tradisional Aceh yang sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga manca negara.

Tarian Seudati sambung Halid berkembang sejak Islam masuk ke Aceh sekitar abad ke-16 Masehi memiliki makna tentang keteguhan, semangat dan juga jiwa kepahlawanan dari masyarakat Aceh.

“Bapak Ilham Pangestu sangat apresiasi dan beliau meminta Tarian Seudati tetap dilestarikan dengan cara mewariskannya kepada generasi muda Aceh, karena ini adalah salahsatu identitas kita masyarakat Aceh” paparnya.

Ketua PD Kosgoro 1957 Kota Langsa ini menegaskan, tidak saja hanya tarian Seudati, bapak Ilham Pangestu juga turut memberi perhatian serta kepeduliannya terhadap kesenian tradisional Aceh lainnya, pungkas Halid,ST.

Sementara itu Pimpinan Sanggar Seudati SIP Kota Kota Langsa, Syech Rais megungkapkan rasa haru dan ucapan terima kasih kepada Bapak Ilham Pangestu atas kepeduliannya turut melestarikan kesenian tradisional Aceh, Tarian Seudati.

Didampingi salahsatu seniman muda Kota Langsa Ismuda, Syech Rais mengakui, dirinya sangat bangga melihat gambar tarian seudati berukuran raksasa terpajang diruang kerja  anggota Komisi V DPR-RI asal Aceh di Jakarta.

“Pemandangan itu menurut saya pribadi isyarat, beliau (red-bapak Ilham Pangestu) bangga sebagai warga Aceh” tuturnya.

Syech Rais menerangkan, Sanggar Seudati SIP Kota Langsa memiliki 2 (Dua) kelompok usia penari.

“Tingkat SLTA dan SLTP” terangnya .

Sementara ini sambung Syech Rais, kegiatan latihan rutin digelar yaitu seminggu dua kali

“Grup Seudati tingkat SLTA jadwal latihan malam Senin dan Rabu, ba’da Isya, sedangkan tingkat SLTP pagi Minggu dan Sore Jum’at ba’da Ashar” terangnya.

Dikesempatan itu Syech Rais juga menyebutkan, saat ini para penari Sanggar Seudati SIP Kota Langsa serius menjalani latihan

“Insya Allah, jika tidak ada halangan awal Desember tahun ini, Sanggar Seudati SIP akan tampil di salahsatu event dan ini juga merupakan tidak terlepas dari peran bapak Ilham Pangestu” pungkasnya

Turut hadir dikegiatan, Wakil Ketua DPR Kota Langsa, Saifullah, SE. Salahsatu Tokoh Muda Kota Langsa, Samsul Bahri Harahap,SE serta jajaran Pengurus DPP SIP.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita