by

LSM Komunitas Rumoh Aceh Acungi Jempol untuk Dinsos Kota Langsa, Cepat dan Tanggap Tangani Lansia Terlantar

-Langsa-140 views

LSM Komunitas Rumoh Aceh Acungi Jempol untuk Dinsos Kota Langsa, Cepat dan Tanggap Tangani Lansia Terlantar

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- LSM Komunitas Rumoh Aceh Kota Langsa memberi apresiasi terhadap kinerja Dinas Sosial Kota Langsa yang cepat dan tanggap tangani lansia terlantar serta memfasilitasi pelayanan hingga ke Banda Aceh.

“Dalam hal ini, kita memberi apresiasi untuk Dinsos Kota Langsa, cepat dan tanggap memfasilitasi penanganannya dengan mengedepankan prinsip pelayanan kesejahteraan lanjut usia” kata Manejer LSM Rumoh Aceh, Sukma M.Taher,S.Pd pada LANGSASATU.COM, Sabtu (31/7/2021) di Langsa.

Lanjutnya, prinsip pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia yakni memberikan pelayanan yang menjujung tinggi harkat dan martabat lanjut usia serta melaksanakan dan mewujudkan hak azasi lanjut usia.

“Hal ini juga selaras terhadap optimalisasi program pelayanan PPKS (Pemeluk Pelayanan Kesejahteraan Sosial) lanjut usia, Dinsos yang mengusung motto “Layanan Bagah” (red- pelayanan cepat)” ujar Sukma yang juga Sekretaris DPD II AMPI Kota Langsa.

Pihaknya berharap, Dinsos Kota Langsa untuk terus dapat melakukan berbagai inovasi kinerja, melalui program kerja nyata, menyentuh langsung kepentingan masyarakat, sehingga fungsi dan keberadaannya benar benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Sosial Kota Langsa, menghantar seorang kakek lansia, Legiman (83) warga Gampong Sidorejo Kecamatan Langsa Lama ke salahsatu Panti Jompo Dinsos Aceh di Banda Aceh.

Kakek Legiman, ditemukan oleh kader Partai Aceh (PA) saat melaksanakan kegiatan bhakti sosial mengunjungi warga tidak mampu kondisi sakit pada puncak Milad Partai Aceh ke-14 beberapa waktu lalu.

Saat itu oleh kader Partai Aceh mendapati Legiman dalam kondisi terlantar, hidup sebatangkara, huni sebuah gubuk kecil di Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota.

Dan melaporkannya ke Dinsos Kota Langsa untuk segera dilakukan penanganan.

“Benar, ketika ditemukan, kondisinya sangat memperihatinkan, tidak terurus juga tidak memiliki identitas” kata Kadis Sosial Kota Langsa, Armia, SP

Selanjutnya, oleh Dinsos membantu memfasilitasi administrasi identitas kependudukan Legiman seperti KTP, BPJS dan lainnya

Selain itu Dinsos Kota Langsa juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Keuchik Gampong Teungoh, Gampong Sidorejo, keluarga Legiman, RSUD Langsa, Dinsos, Aceh dan membawa yang bersangkutan ke Panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, Banda Aceh, untuk mendapat penanganan serta perawatan yang layak. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita