by

Melihat Indahnya Panorama Alam Kampung Wisata Bantuan Ilham Pangestu di Aceh Tamiang

-Nanggroe-379 views

Melihat Indahnya Panorama Alam Kampung Wisata Bantuan Ilham Pangestu di Aceh Tamiang

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Mendukung pembangunan sektor parawisata di Provinsi Aceh. Anggota DPR-RI asal Aceh, Ilham Pangestu bekerjasama dengan Kementerian Desa RI membantu pembangunan rumah wisata (Homestay) di Desa Wisata Gunung Pandan, Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang.

Selain homestay di lokasi, legislator partai Golkar tersebut, juga membangun satu unit bangunan panggung seni, dimana nantinya dapat menjadi sarana, terutama bagi para pelaku seni Kabupaten Aceh Tamiang menampilkan karya dan kreatifitasnya.

Langkah mulia Ilham Pangestu, mendapat apresiasi yang luar biasa, baik dari masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten berjuluk Bumi Muda Sedia.

Hal itu ditandai dengan dilakukannya pengguntingan pita didepan pintu salah satu homestay, sekaligus peresmian destinasi wisata gunung pandan oleh Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil,SH, M.Kn, Kamis (19/5/22)

Turut serta mendampingi orang nomor satu Kabupaten Tamiang saat peresmian, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga, Muslizar serta Datok Penghulu (Kepala desa) Kampung Selamat.

Staf Ahli anggota DPR RI, Ilham Pangestu, Arman, M.Pd disela kegiatan peresmian mengatakan, bantuan desa wisata ini, merupakan wisata pedesaan berbasis potensi desa dengan segala keunikan dan daya tariknya yang dapat diberdayakan dan dikembangkan sebagai produk wisata Gunung Pandan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kampung Selamat, Aceh Tamiang

Pengembangan desa wisata sambung Arman, merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu, guna mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa, tuturnya

Sementara, Datok Penghulu Kampung Selamat, Herman memaparkan, potensi wisata Gunung Pandan yang berada di wilayah pemerintahan Kampung dipimpinnya .

Ia menyebutkan, destinasi wisata gunung pandan, setiap minggunya ramai dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun dari luar Provinsi Aceh.

Dengan adanya bangunan homestay dan panggung seni di lokasi wisata, menurutnya dapat menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi para wisatawan yang datang dan berkunjung ke lokasi wisata Gunung Pandan.

Wisatawan dan keluarga sambung Datok Hernan, dapat menginap seraya menikmati indahnya panorama serta sejuknya suasana alam dikelilingi gunung dan hutan menghijau, berhadapan langsung dengan sungai yang airnya mengalir jernih diantara celah batu.

Dikatakan, untuk menikmati fasilitas homestay ini, wisatawan hanya merogoh kocek sebesar Rp.300-400 permalam.

Selain itu, para pengunjung atau wisatawan yang menyukai kuliner ikan bakar. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas seperti tempat panggang ikan.

Untuk beribadah, bagi pengunjung atau wisatawan, di lokasi juga tersedia tempat ibadah yaitu musholla.

Sedangkan, bagi wisatawan yang memiliki hobby atau bakat di bidang seni musik. Pengelola juga menyediakan alat musik, dan semua itu dapat disewa dengan biaya murah, terangnya.

Keberadaan homestay di lokasi wisata Gunung Pandan kata Datok Hernan, diharapkan dapat lebih banyak lagi menarik minat para wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Kampung Selamat. Sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan khususnya bagi masyarakat Kampung Selamat serta Kabupaten Aceh Tamiang umumnya.

Dikesempatan itu Datok Penghulu Herman mengungkapkan rasa syukur serta  menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPR RI asal Aceh fraksi Golkar, bapak Ilham Pangestu dan Kementerian Desa RI.

“Atas nama pemerintahan dan warga masyarakat kampung Selamat, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Ilham Pangestu dan Kementerian Desa RI, yang telah membantu membangun berbagai fasilitas sarana pendukung pengembangan destinasi wisata gunung pandan, terima kasih pak Ilham Pangestu, terima kasih Kementerian Desa RI” ucapnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita