by

Menilik Sosok Pimpinan Universitas Samudera Langsa, Ini Pandangan Politisi dan Alumni

-Langsa-259 views

Menilik Sosok Pimpinan Universitas Samudera Langsa, Ini Pandangan Politisi dan Alumni

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA-
Prosesi pemilihan Rektor Universitas Samudera (Unsam) Langsa, Periode 2021-2025, kini merupakan isu penting dan menjadi perbincangan hangat berbagai kalangan masyarakat Kota Langsa, Senin (24/5/2021)

Hal ini bukan merupakan suatu keniscayaan, karena Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu telah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Pemko setempat.

Sehingga segala aktifitas yang terjadi di lembaga itu, tidak luput dari perhatian warga Kota Langsa, Tidak terkecuali juga dari Ilham Pangestu, anggota DPR RI asal Pemerintahan Kota berjuluk “Kota Jasa dan Perdagangan” tersebut.

Dalam keterangan persnya, legislator partai Golkar itu mengatakan, dirinya yang merupakan bagian dari warga Kota Langsa juga memiliki tanggung jawab moril terhadap segala perkembangan di Kota Langsa dalam segala aspek sosial kehidupan masyarakat.

Isu suksesi Rektor Unsam juga menyita perhatian politisi muda partai politik berlambang pohon beringin itu, baik kapasitasnya sebagai anggota DPR RI maupun selaku putra Kota Langsa.

Menurut Ilham Pangestu, adanya regenerasi yang akan menahkodai Universitas Samudera Langsa, merupakan bagian dari tuntutan konstitusi lembaga yang harus dijalankan, mengingat Rektor yang lama masa jabatannya akan berakhir.

Dirinya mengaku optimis siapapun yang terpilih, dipercayakan dan mendapat amanah untuk memimpin Perguruan Tinggi Negeri Universitas Samudera Langsa kedepan, selain dapat bersinergi, juga mampu membawa lembaga yang dipimpinnya itu kearah yang lebih baik lagi.

Ia menegaskan, dukungan dari segenap lapisan masyarakat Kota Langsa juga sangat diharapkan terutama bagi panitia pemilihan Rektor yang saat ini tengah bekerja keras, melaksanakan berbagai tahapan, sehingga nantinya prosesi pemilihan dapat berjalan lancar serta sesuai ketentuan.

“Kita berharap siapapun terpilih, dapat membawa Universitas Samudera Langsa kearah yang lebih baik lagi, selain itu juga mampu membawa perubahan yang signifikan, dari prosesi edukasi dan melahirkan intelektual muda yang memiliki kapabelitas, kridibelitas hingga lulusan Unsam Langsa dapat bersaing dan bersanding dengan lulusan Universitas lainnya yang ada di Republik ini” ujar Ilham Pangestu.

Selain itu, warga Kota Langsa, juga berharap dan menginginkan para sarjana yang lahir dari “rahim” kampus kebanggaan masyarakat Kota Langsa ini, dapat menjadi panutan atau suri tauladan.

Untuk mewujudkan hal itu diakui Ilham Pangestu tentunya bukanlah merupakan tugas mudah terutama bagi Rektor terpilih nantinya. Mengingat selama ini, Rektor yang terdahulu sukses membawa sejumlah perubahan dan kemajuan di Universitas Samudera Langsa selain itu keperkembangan juga patut diapresiasi.

Menurut Ilham Pangestu, perubahan dan kemajuan itu dapat dilihat secara kasad mata, baik dalam pengembangan kontruksinya maupun perubahan administrasi.

“Kita akan terus mendorong dan kepada pihak rektorat untuk terus memacu terutama terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Langsa khususnya dan aceh umumnya.

“Kita semua sepakat, bahwa untuk bisa keluar dari keterpurukan kehidupan, pendidikan adalah solusi terbaiknya” pungkas Ilham Pangestu.

Sementara itu Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Langsa yang juga merupakan alumni Universitas Samudera, Khairul Amri, S.Pd mengatakan, dirinya juga ikut mengamati perihal suksesi atau pergantian tampuk pimpinan (Rektor) Universitas Samudera Langsa.

Menurut amatannya, bahwa pergantian itu lahir bukan karena eklusioner, akan tetapi mengingat masa jabatan rektor lama telah berakhir, sehingga konstitusi mewajibkan adanya estafet pimpinan pada lembaga dimaksud.

“Secara pribadi, saya berharap substansi dari pemilihan ini bukan hanya bertumpu pada siapa dan dari mana calon itu berasal, tapi baiknya kita dapat melihat lebih jauh lagi tentang kepatutan keilmuan para kandidat, itu yang harus dikritisi dan ini penting karena menyangkut akreditasi universitas kedepan.

Menurutnya, sosok pemimpin itu tentu banyak kriterianya apalagi memimpin lembaga pendidikan yang akan mendidik anak anak bangsa dan tentunya harus memiliki responsibelitas dan komitment yang kuat dalam membangun institusi Pendidikan yang menjadi kebanggaan kita semua, ujarnya.

Persyaratan itu sambung Khairul Amri, tentu yang paham adalah pihak yang terlibat dalam proses itu.

Ianya tidak menginginkan adanya dekotomi dalam tahapan, sehingga bisa berdampak pada proses keberlangsungan pendidikan yang tidak kondusif dan bermuara terhadap mencederai nilai nilai intelektual insan kampus itu sendiri

“Kita yakin, siapapun nantinya yang akan terpilih, itu yang terbaik, sehingga butuh support yang positif dari semua kalangan guna meningkatkan qualifayet pendidikan di bumi Iskandar Muda ini, ujarnya.

Menurutnya, mencari sosok pemimpin tentu bukan hal yang mudah, apalagi sekelas jabatan rektor.

Akan tetapi ia juga meyakini bahwa Universitas Samudera Langsa saat ini telah banyak dan memiliki tenaga pengajarnya yang layak dan pantas untuk mengisi jabatan itu, bila ditinjau dari segi keilmuan maupun dari sesi kepangkatan.

Adapun nama-nama kandidat yang muncul dan beredar diruang publik selama ini sudah dikenal. Seluruh kandidat dinilai miliki kredibel untuk mengemban amanah yang nantinya akan di embannya, karena mereka telah berasimilasi dengan dunia pendidikan dalam kurun waktu yang cukup lama, dan paham betul bagaimana strategi maupun cara mensejajarkan Universitas Samudera Langsa dengan universitas lainnya, baik secara nasional maupun ditingkat regional, ketika menduduki posisi nomor wahit di universitas tersebut.

Lanjutnya, dalam sebuah kompetisi tentunya ada yang tereleminasi, ini merupakan hukum dari sebuah kontestasi,  diharapkan kandidat yang tidak terpilih nantinya harus berbesar hati dan untuk terus memberikan dukungan penuh pada kandidat yang terpilih, bersinergi membangun kampus tercinta guna terwujudnya cita cita Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Persoalan terpilih dan tidak terpilih tidak mempengaruhi keilmuan dari masing -masing kandidat tapi itu lebih kepada faktor kepercayaan saja, sehingga tidak perlu adanya perbedaan persfektif dari semua kandidat” ujarnya.

Suksesi pemenangan sambung Khairul Amri kira terus berjalan hingga kontestasi itu berlangsung, tidak harus merembet lagi setelah berbagai tahapan selesai.

Menghormati yang terpilih dan merangkul yang belum beruntung merupakan harapan terbesar, pihaknya selaku alumni Universitas Samudera Langsa.

“Semoga Universitas Samudera Langsa jaya selalu, kita juga mengajak kepada semua element masyarakat Kota Langsa dan seluruh instrument kampus mensupport Rektor yang lama, harapannya agar segala rutinitasnya dan telah membesarkan Perguruan Tinggi tersebut, mendapat ridha dan rahmat Allah SWT.

Perjuangan beliau  (Rektor lama) dan jajaran Managemen kampus yang solid, hingga Perguruan Tinggi tersebut saat ini menjadi Universitas kebanggan masyarakat Kota Langsa, dan statusnya pun kini telah menjadi Universitas Negeri” tutup Khairul Amri mengakhiri pembicaraannya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita